Pelatihan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Guru SD Kecamatan Palakka Kabupaten Bone

Rosmalah Rosmalah(1*), Abd Hafid(2),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/karya.v1i1.36890

Abstract


Permasalahan yang dialami mitra adalah kurangnya pemahaman konsep PBL, kurangnya kemampuan menyusun perangkat pembelajaran PBL, dan kurangnya kemampuan melaksanakan pembelajaran PBL. Berdasarkan hal tersebut, disepakati dengan mitra sasaran untuk menyelenggarakan pelatihan melalui PKM dengan capaian tujuan peserta memiliki pemahaman konsep, pembuatan perangkat pembelajaran dan mempraktikkan model PBL dengan menggunakan waktu 33Jam Pelajaran (JP). Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan metode ceramah interaktif, metode tugas/latihan, dan metode simulasi. Faktor penghambat pelaksanaan program pengabdian adalah kesempatan ikut aktif dalam kegiatan karena sering bertepatan dengan tugas pokok dan kegiatan lainnya. Oleh sebab itu, tim pengabdi harus kembali melakukan koordinasi dengan pihak kepala UPT SD mitra yaitu SD Inpres Panyili, SDN 35 Panyili, dan SD Inpres 5/81 Lemoape. Selanjutnya tim pengabdi berkoordinasi dengan guru mitra, sehingga membutuhkan waktu ekstra/tambahan. 


Full Text:

PDF

References


Akmar, S. N., Sew. Lee. Integrating Problem-Based Learning (PBL) in Mathematics Method Course. Spring Vol. 4, no. 2.

Buanatiwi. Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis Masalah.http://buanatiwi.wordpress.com Minggu 07 September 2014 Pukul 15.00 WIB.

Compas.Com. 2018. Tahun Ajaran Baru, Sekolah Wajib Terapkan Kurikuum 2013.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah , B., S. 2001. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhamma Iqbal. Model Pembelajaran Berbasis Masalah.http://iqbalpgrismg.blogspot.com. Minggu 07 September 2014.

N., K., Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Rusman. 2010.Model-Model Pembelajaran Problem-Based Learning. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sunartombs. 2009.Pengertian Cooperative Learning. http://sunartombs.wordpress.com/2009/03/20/pengertian-cooperative-learning Minggu 07 September 2014.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif. Vol. 2 no. 2. PP. 68-73.


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rosmalah Rosmalah, Abd Hafid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pusat Kerjasama dan Pengembangan Inovasi Pendidikan (PKPIP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

email: jurnal.karya@unm.ac.id

Support by:

 

KARYA: Journal of Educational Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats