PKM Pelatihan Paud Holistik Integratif KKG PAUD Kecamatan Banggae Kabupaten Majene

Muhammad Akil Akil Musi(1*), Herlina Herlina(2), Sitti Nurhidayah Ilyas(3), Muh. Yusri Bachtiar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/karya.v1i1.36185

Abstract


Program Kemitraan Masyarakat (PKM): Pelatihan PAUD Holistik Integratif ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam satuan pendidikan anak usia dini. PKM ini dilaksanakan selama bulan Juni 2022 dengan mitra KKG PAUD Kecamatan  Banggae Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Peserta PKM ini terdiri atas guru dan kepala sekolah satuan PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan  penugasan. Analisis tingkat keberhasilan kegiatan PKM ini adalah melalui pengukuran tingkat penguasaan materi serta penyelesaian tugas. Kondisi akhir pelaksanaan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini menunjukkan bahwa peserta dapat memahami model pengembangan program PAUD Holistik Integratif pada satuan PAUD. Keberhasilan PKM ini dapat dilihat dari tingginya partisipasi dan motivasi serta kedisiplinan peserta selama kegiatan pelatihan berlangsung.



Full Text:

PDF

References


Dini, J. P. A. U. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870-1882.

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan HolistikIntegratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17-24.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132.

Kyriakides, L., Creemers, B. P., & Antoniou, P. (2009). Teacher Behaviour And Student Outcomes: Suggestions For Research On Teacher Training And Professional Development. Teaching and teacher education, 25(1), 12-23.

Kudisyah, Siti Mila; Novarina, Eka; Lukman, Hamidah Suryani (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan (111-112).

Maulidya, Anita (2018). Berpikir Dan Problem Solving. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143-153.

Nursalim, N., & Raharja, S. P. (2019). Memperkuat Pelembagaan Model Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) Di Kabupaten Sorong Dan Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Abdimas Pengabdian Masyarakat, 2(2), 18-28.

Prayuda, A. (2020). Analisis Pentingnya Pelatihan Dan Disiplin Kerja Guna Meningkatkan Kinerja Guru Di SMPN 14 Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2)

Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(2), 199-214.

Winarso, Widodo (2014). "Problem Solving, Creativity dan Decision Making Dalam Pembelajaran Matematika" (PDF). EduMa. 3 (1): 6–7.

Yafie, E., & Sutama, I. W. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). Ibm: Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Akil Akil Musi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pusat Kerjasama dan Pengembangan Inovasi Pendidikan (PKPIP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

email: jurnal.karya@unm.ac.id

Support by:

 

KARYA: Journal of Educational Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats