Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif dan Inovatif Bagi Guru Pondok Pesantren Al-Wasilah Kabupaten Polman

Nasrah Natsir(1*), Latri Aras(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/karya.v1i1.35686

Abstract


Media pembelajaran dapat berupa visual, audio, dan audio visual. Media pembelajaran yang menarik, interaktif dan inovatif dapat menciptakan kegiatan belajar yang mudah diingat dan dipahami. Canva adalah grafis aplikasi desain yang membantu pengguna untuk membuat berbagai jenis materi iklan materi secara online. Menggunakan Canva sebagai media pembelajaran dapat mempermudah guru untuk merancang media pembelajaran. Hampir semua guru di MTs Al-Wasilah Lemo belum bisa membuat media pembelajaran berbasis video sehingga penyampaian materi kepada siswa masih rendah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva untuk guru di MTs Al-Wasilah Lemo, Polewali Mandar. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di beberapa tahapan, yaitu sosialisasi, praktik, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan mendapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan terkait media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva.

Full Text:

PDF

References


Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan pembuatan materi presentasi dan video pembelajaran menggunakan aplikasi canva kepada guru di Kota Medan dan Jayapura secara online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.

Budhayanti, C. I. S., & Praba, L. N. (2021). Pelatihan strategi pembelajaran daring bagi guru-Guru di SDN O1 dan O5 Pluit. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1170–1180.

Rusli, D. (2021). Pelatihan media belajar digital bagi guru SDIT Mutiara Pariaman di Era New Normal. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1226–1231.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas mahasiswa pada mata kuliah English for information communication and technology. Bangun Rekaprima, 07(2), 80–89.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Santi, I. N., Mubaraq, R., Farid, F., & Sriwanti, S. (2020). Pelatihan membuat logo usaha menggunakan aplikasi canva bagi mahasiswa wirausaha. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(November), 41– 45.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Berkemajuan, 4(November), 430–436.

Rahmawati, D., & Suhartono, S. (2019). Pendidikan lingkungan melalui kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. In Eksplorasi Bahasa, sastra, dan Budaya Jawa Timuran sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Berbasis Ekologi (pp. 119–128).

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Jurnal Ilmiah Kebudayaan Sintesis, 11(1), 1–Dharma, P. S. V., Ariesta, R., & Purwadi, A. J. (2019). Implementasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah kelas XI. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1), 66–74.


Article Metrics

Abstract view : 210 times | PDF view : 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nasrah Natsir, Latri Aras

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:

Pusat Kerjasama dan Pengembangan Inovasi Pendidikan (PKPIP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

email: [email protected]

Support by:

 

KARYA: Journal of Educational Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats