Analisis Nonparametrik Mann Whitney Terhadap Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(1) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/variansiunm23810
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Belajar untuk mengajar. (Terjemahan Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). New York: McGraw Hills. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).
Asrani Assegaff. (2016) Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problembased learning (PLB). Formatif: JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 1 No. 1, Agustus 2016, Hal. 38-48
Kamdi. 2007. Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Krulik, S., Rudnick, J., & Milou, E. (2003). Teaching mathematic in middle school. A pratical guide. Boston, MA: Pearseon Education Inc.
Lestari. K. E. dan Yudhanegara. M. K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama
Mairing J. P. (2018). Pemecahan masalah matematika. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Nugroho, I. A., Chotim, M., & Dwijanto. (2013). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal Mathematics of Education, 2(1), 49-54
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.vol.6, No.2
Santoso, Singgih. (2015). Menguasai Statistik Nonparametrik. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sariningsih, R., Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahapeserta didik Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) Vol. 1(1), Hal. 163-177.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam pendidikan. (E. Tjo, Trans.) Jakarta, Indonesia: PT Indeks.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
_______. (2015). Statistik Nonparametris untuk penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Article Metrics
Abstract view : 420 times | PDF view : 154 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Andi Quraisy, Setiawan Madya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Abstracted/Indexed by:
VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)