Membandingkan Grafik Kendali Shewhart dengan Grafik Kendali Cumulative Sum (Cusum) dalam Mendeteksi Pergeseran Rata-Rata Kekeruhan Air

Andi Nurhaedah(1*), Muhammad Kasim Aidid(2), S. Sudarmin(3),

(1) Program Studi Statistika FMIPA UNM
(2) Program Studi Statistika FMIPA UNM
(3) Program Studi Statistika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/variansiunm14640

Abstract


Abstrak. Memonitoring proses produksi merupakan tindakan pengendalian kualitas yang harus dilakukan untuk melihat adanya pergeseran rata-rata, sehingga variasi dalam produksi dapat diminimalisir. Alat pengendalian kualitas yang digunakan untuk memonitoring pergeseran rata-rata adalah grafik kendali. Grafik yang paling sering digunakan adalah grafik kendali Shewhart sebab penggunaanya yang sederhana, namun informasi yang disampaikan pada grafik tersebut hanya berdasarkan titik gambar terakhir sehingga alternatif yang dapat digunakan adalah grafik Cusum. Kekeruhan air sebagai salah satu parameter kualitas air yang perlu dimonitoring sebelum didistribusikan sebab melewati batas maksimum 5 NTU (Nephelometric Turbidity Units) yang ditetapkan oleh pemerintah menandakan bahwa air tersebut aman untuk diminum. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan memonitoring produksi dengan membandingkan grafik kendali Shewhart dan grafik kendali Cusum dalam mendeteksi pergeseran rata-rata kekeruhan air. Sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan air sedimen produksi IPA I Ratulangi PDAM Kota Makassar yang diukur sekali setiap dua jam dengan jumlah data yang tercatat sebanyak 211 pengamatan dengan hasil yaitu grafik kendali Cusum lebih cepat dalam mendeteksi adanya pergeseran rata-rata, hal ini ditunjukkan dengan adanya pergeseran mulai terdeteksi pada pengamatan ketujuh dengan pengamatan yang berada diluar kendali sebanyak 205 amatan, dibandingkan Shewhart hanya mendeteksi 8 pengamatan yang berada di luar kendali. Hal ini didukung dengan evaluasi grafik kendali yang digunakan yaitu nilai Average Run Lenght (ARL) menunjukkan bahwa grafik kendali Cusum lebih cepat mendeteksi pergeseran rata rata kurang dari 2,5dibandingkan grafik kendali Shewhart baik digunakan untuk pergeseran 3 atau lebih.

Kata kunci:Pengendali kualitas, grafik kendali, grafik kendali Shewhart, grafik kendali Cusum, ARL, Kekeruhan Air.

Full Text:

PDF

References


Gusril, H. (2010). Studi Kualitas Air Minum PDAM di KOta Duri Riau. Geografi, 8(8).

Hakam, M. (2017). Perbandingan Grafik Kendali Cusum (Cumulative Sum) dan EWMA (Exponentially Weighted Moving Average) dalam Pengendalian Kualitas Produksi Pipa Besi pada PT Pacific Angkasa Abadi. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Hidayat, R. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. 59–72.

Hidayati, N. (2014). Preferensi Konsumen dan Pengaruh Kualitas Produk Sayuran Organik Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Johnson, C. (2016). Estimation Error in Statisical Process Control. Unicersity of stavanger.

Lagu, A. M. H. ., Amansyah, M., & Mubarak, F. (2016). Gambaran Penyediaan Air Bersih PDAM Kota Makassar Tahun 2015. Public Health Science Journal, 8(2), 171–179.

Montgomery, D. (2009). Introduction To Statistical Quality Control (Sixth). United States of America.

Montgomery, D. (1990). Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492/MENKES/ PER/IV/2010. (n.d.).

Saida, L. (2011). Analisis Penerapan Bagan Pengendali Jumlah Kumulatif Untuk Mendeteksi Pergeseran Rata-Rata Proses. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sukoco, A., & Soebandhi, S. (2012). Modul_9_Statistik_Proses_Control (1).

Syarifuddin, S., Herdiana, E. T., & Af, M. S. (2018). Perbandingan Bagan Kendali Modifikasi Shewhart dan Bagan Kendali ARMAST pada ARMA ( 1 , 1 ). 15(1), 75–87.

Sutjono, S., Simatupang, O. M., & Kencana Wulan, M. (2012). Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM). Jakarta Selatan


Article Metrics

Abstract view : 460 times | PDF view : 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andi Nurhaedah, Muhammad Kasim Aidid, S. Sudarmin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

SINTADimensions

 

 

VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)