Model Spasial Autoregresif (SAR) Durbin pada Anak Putus Sekolah (APS) yang Mengikuti Ujian Paket C Jenjang SMA Sederajat di Kota Makassar

N. Nurahdawati(1), R. Ruliana(2), Ansari Saleh Ahmar(3*),

(1) Program Studi Statistika FMIPA UNM
(2) Program Studi Statistika FMIPA UNM
(3) Program Studi Statistika FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/variansiunm14630

Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian statistika terapan yang bertujuan (i) Untuk mengetahui jumlah rata-rata Anak Putus Sekolah (APS) yang mengikuti paket C di Kota Makassar; (ii) Untuk mengetahui Model SAR Durbin pada Anak Putus Sekolah (APS) yang mengikuti paket C di Kota Makassar; dan (iii) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Anak Putus Sekolah (APS) yang mengambil paket C pada jenjang SMA sederajat di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode SAR Durbin (Spasial Autoregresif Durbin). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (i) APS yang mengikuti ujian Paket C tingkat SMA di Kota Makassar terdapat dependensi spasial antar kecamatan satu dengan kecamatan satuan lainnya; (ii) APS yang mengikuti ujian Paket C tingkat SMA sederajat di Kota Makassar, dan (iii) APS yang mengikuti ujian Paket C dengan hasil analisis Model SAR Durbin didapatkan variabel predictor yaitu Rasio Guru Sekolah (X2) dan Jumlah Sekolah (X5). Sedangkan parameter Lag spasial yang didapatkan variabel prediktor yaitu Lag Rasio Murid Sekolah (X1), Lag Tingkat Kemiskinan (X4) dan Lag Jumlah Sekolah (X5).

Kata kunci: Anak Putus Sekolah,Model Autoregresif Spasial Durbin


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 N. Nurahdawati, R. Ruliana, Ansari Saleh Ahmar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

SINTADimensions

 

 

VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)