ANALISIS SURVIVAL DENGAN PEMODELAN REGRESI COX PROPORTIONAL HAZARD MENGGUNAKAN PENDEKATAN BAYESIAN (Studi Kasus: Pasien Rawat Inap Penderita Demam Tifoid di RSUD Haji Makassar)

Adi Rahmat Faisal(1*), Muhammad Nadjib Bustan(2), Suwardi Annas(3),

(1) Program Studi Statistika FMIPA UNM Makassar
(2) Program Studi Statistika FMIPA UNM Makassar
(3) Program Studi Statistika FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/variansiunm14629

Abstract


Abstrak. Analisis survival merupakan metode statistika yang digunakan untuk menganalisis data dimana peubah yang diperhatikan adalah waktu sampai terjadinya suatu event. Waktu dapat dinyatakan dalam tahun, bulan, minggu, atau hari dari awal mula dilakukan pengamatan pada seorang individu sampai suatu peristiwa terjadi pada individu. Salah satu tujuan analisis survival adalah untuk mengetahui hubungan antara waktu kejadian dan peubah bebas yang terukur pada saat dilakukan penelitian. Salah satu pendekatan metode regersi yang bisa digunakan adalah regresi Cox Proportional Hazard. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pasien penderita demam tifoid di RSUD Haji Makassar. Data demam tifoid memiliki karakteristik yang memungkinkan untuk dilakukan analisis dengan menggunakan regresi Cox Proportional Hazard. Adapun analisisnya menggunakan pendugaan parameter Bayesian, diperoleh faktor yang signifikan berpengaruh terhadap laju kesembuhan pasien adalah nyeri ulu hati. Nilai hazard ratio peubah nyeri ulu hati sebesar 0,63. Nilai tersebut <1 sehingga dapat dikatakan bahwa pasien yang mengalami nyeri ulu hati memiliki laju kesembuhan 0,63 kali dibandingkan yang tidak mengalami nyeri ulu hati.

Kata Kunci: Survival Analysis, Regression Cox Proportional Hazard, Thyfoid Fever


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1189 times | PDF view : 415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adi Rahmat Faisal, Muhammad Nadjib Bustan, Suwardi Annas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

SINTADimensions

 

 

VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)