Pola Interaksi Guru Dan Siswa Tunarungu Di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Negeri Satu Makassar

Nuralam Nuralam(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pola interaksi guru
dan siswa tunarungu dalam pembelajaran di SLB Pembina tingkat provinsi negeri 1 makassar. (2) Apa faktor penghambat interaksi guru dan siswa tunarungu di SLB pembina tingkat provinsi negeri 1 makassar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan informan sebanyak 9 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pola interaksi guru dan siswa tunarungu
dalam pembelajaran a) menggunakan pola verbal dan pola itu dilakukan dengan cara menggabungkan verbal dan nonverbal agar siswa tunarungu dapat terbiasa berinteraksi menggunakan verbal tersebut b) pola nonverbal dalam interaksi pembelajaran antara guru dan siswa dengan mengajarkan abjad huruf kata demi kata agar siswa dapatm emahami materi yang disampaikan (2) faktor penghambat interaksi guru adalah a)faktor psikologis siswa tunarungu dikarenakan intelegensi anak tunarungu yang rendah sehingga sulit mencerna pembelajaran b) faktor semantik dalam keterhambatan tersebut berupaya mengulang materi pelajaran yang diberikan terhadap siswa tunarungu. Selain itu, guru berupaya mengartikan satu persatu kata saat interaksi pembelajarannya karena siswa mengalami keterhambatan dalam semantik siswa tunarungu.

 


Keywords


Pola Interaksi; Siswa Tunarungu

Full Text:

PDF

References


DI PONDOK PESANTREN, A. M. T. (n.d.). KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN ANAK TUNARUNGU.

Maulida, M. (2020). Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. Darussalam, 21(2).

Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 151–158.

Mitrya, M. (2019). Komunikasi Ritual Dalam Tradisi Nganggung (Studi Etnografi Komunikasi Tentang Komunikasi Ritual Dalam Tradisi Nganggung Di Kelurahan Tuatunu Indah Kota Pangkalpinang). Univesiras Komputer Indonesia.

Muhammad, F. (2022). Aktivitas Komunikasi Non Verbal Antara Guru Dan Murid Penyandang Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa (SDLB) Kasih Ibu Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Mutaqiin, R. N. (2022). Urgensi Komunikasi Verbal Dalam Mengatasi Konflik Internal Di UKM Bela Diri IAIN Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Nurfitriyana, N., Ivone, J., & Adhy, P. (2020). Influencing Factors of Hearing Disorder in Helicopter and Casa Pilots. Journal of Medicine and Health, 2(5).

Puspa, I. A. T., Dewi, N. P. S., & Saitya, I. B. S. (2019). Komunikasi Simbolik dalam Penggunaan Upakara Yajña pada Ritual Hindu. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Sosial Budaya, 14(1), 20–28.

RACHMAN, A. B. D., Tenri Awaru, A. O., & ANRICAL, A. (2022). Interaksi Sosial Dan Pola Komunikasi Siswa Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB-B YPPLB Makassar). Phinisi Integration Review, 5(1), 1–14.

Riauan, M. A. (2020). Konstruksi Realitas Pada Pesan Politik Calon Walikota Pekanbaru di Riau Pos. ETTISAL, 5(1).

Shobrianto, A., & Warsono, W. (2023). PROSES KONSEP DIRI MANTAN NARAPIDANA (STUDI FENOMENOLOGI ANGGOTA KOMUNITAS DEDIKASI MANTAN NARAPIDANA UNTUK NEGERI). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2), 429–443.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Syukur, M., Sakmawati, S., & Bastiana, B. (2020). Alih Fungsi Lahan Dan Dampaknya Pada Kehidupan Sosial Petani Di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 9(1), 786–798.

Widyastuti, P. A., & Widiana, I. W. (2020). Analisis Peran Tutor Sebaya Terhadap Sikap Sosial Siswa Tuna Rungu. Journal of Education Technology, 4(1), 46–51.

Wirman, W., Sari, G. G., Hardianti, F., & Roberto, T. P. (2021). Dimensi konsep diri korban cyber sexual harassment di Kota Pekanbaru. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1), 79–93.


Article Metrics

Abstract view : 86 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nuralam Nuralam, Muhammad Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.