Peran Budaya Sipamandaq Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak di Desa Katumbangan

Serli Serli(1*), Andi Dody May Putra Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi anak di Desa Katumbangan terkait budaya Sipamandaq 2) Peran budaya Sipamandaq untuk meningkatkan hasil belajar anak di Desa Katumbangan. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu anak yang sedang bersekolah di jenjang SMA, anak kelas XI dan XII SMA, anak yang pernah meraih juara atau ranking. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan member chek. Teknik analisis data yang diguanakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi anak di Desa Katumbangan terkait budaya Sipamandaq yaitu budaya Sipamandaq ini merupakan budaya yang mengajarkan tentang saling menolong, saling mengingatkan untuk selalu berbuat kebaikan, memiliki sifat yang berani dalam Mengemukakan pendapat atau hal yang benar, memiliki rasa malu (Siri’), dan saling menghormati sesama manusia. 2) Peran budaya Sipamandaq untuk meningkatkan hasil belajar anak di Desa Katumbangan yaitu budaya Sipamandaq memiliki peran dalam meningkatkan hasil belajar anak dilihat dari: a) meningkatkan solidaritas, seperti saling kompak dalam mengerjakan tugas dan saling membantu dalam memahami materi pembelajaran, b) meningkatkan percaya diri, seperti berani berargumen atau mengemukakan pendapat di depan umum.


Keywords


Sipamandaq; hasil belajar; solidaritas sosial

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. D. M. P., & Agustang, A. (2021). Studi Politik Ekonomi Dalam Permulaan Wacana Development.

Amalia, D. R., Alfitri, A., & Yunindyawati, Y. (2021). Solidaritas di Antara Pengrajin Songket: Suatu Tinjauan terhadap Teori Solidaritas Emile Durkheim di Desa Muara Penimbung, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Empirika, 5(1), 58–68.

Claudya, V. Y. (2019). INTERAKSI SOSIAL PEMULUNG DENGAN MASYARAKAT (Studi Di Kelurahan Jagabaya III Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Elytamaya, R. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Punggur Lampung Tengah. IAIN Metro.

ERNA, Y. (2022). Solidaritas Kehidupan Sosial Di Korpri Raya Sukarame Bandar Lampung. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Hamzah, E. I. (2021). Tradisi Mabbaca Doang Masyarakat Suku Bugis Kelurahan Kabonena Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 25–40.

Irawanti, I. (2020). Nilai Kearifan Lokal Tradisi Mitawe’Etnis Mandar Dalam Menumbuhkan Akhlak Anak Di Desa Kalukunangka, Kec. Bambaira Kab. Pasangkayu. IAIN Palu.

Irma, S. (2020). PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WANGON. IAIN Purwokerto.

Martopo, R. L. (2018). Tradisi Pahingan Dalam Meningkatkan Tali Silaturahmi Di Desa Sinar Rejeki Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.

MUS’AD, N. I. M. (2019). SIPAMANDAQ DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MASYARAKAT MANDAR PERANTAUAN DI YOGYAKARTA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223.

Oruh, S., Agustang, A., & Asrifan, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keluarga, Stigma Masyarakat dan Kepatuhan Minum Obat Terhadap Kekambuhan Penyakit Gangguan Jiwa di Kota Makassar.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Santoso, G., Hidayat, M. N. S., & Asbari, M. (2023). Transformasi Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 100–106.

Simamora, O. G., & Irwan, I. (2021). Bentuk-Bentuk Solidaritas Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Padang Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Civic Education, 4(3), 194–200.

Simarmata, N. I. P., Hasibuan, A., Rofiki, I., Purba, S., Tasnim, T., Sitorus, E., Silitonga, H. P., Sutrisno, E., Purba, B., & Makbul, R. (2021). Metode Penelitian Untuk Perguruan Tinggi. Yayasan Kita Menulis.

Siswanti, I. (2022). Solidaritas Sosial dalam Undhuh-Undhuh (Studi Terhadap GKJW di Desa Mojowangi Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang). IAIN Kediri.

Syawal, S. (2022). Landasan Pendidikan dalam Perspektif Budaya (Kajian Pendidikan dan Budaya Toraja Ma’nene). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14087–14094.

Taufik, M. (2022). Budaya Pappasang dalam Pembinaan Moral Masyarakat Balanipa di Kabupaten Polewali Mandar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Taufiq, A. L. K., & Majid, J. (2020). Budaya Siri’; Rejuvenanting Of The Creative Profession Menuju Peace Governance Framework. Accounting Profession Journal (APAJI), 2(1), 10–25.

Tiowati, S. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Quiz Team Terhadap Minat Dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV MIN 2 Ponorogo tahun Pelajaran 2018/2019. IAIN Ponorogo.

Torro, S. (2022). Pengaruh Pola Kontrol Terhadap Tingkat Perilaku Sosial Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kajian Sosial Dan Budaya: Tebar Science, 6(2), 137–143.

Umah, F. (2019). Pengaruh lingkungan sosial dan tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar akidah akhlak pada Siswa Kelas IV dan V MIN I Gresik. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Serli Serli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.