Hambatan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 SMAN 8 Makassar

M Idris(1*), Andi Dody May Putra Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan dengantujuan : 1) Untuk mengetahui hambatan proses pembelajaran daring siswa SMAN 8 Makassar. 2) Untuk mengetahui upaya mengatasi proses pembelajaran daring siswa SMAN 8 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dari sumber data primer dan data sekunder. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 5 orang yang di tentukan melalui teknik purposive samplingdengan kriteria informan yaitu diantaranya 4 siswa dan 1 guru yang mengikuti penerapan proses pembelajaran daring. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari Guru dan Siswa. Dalam penelitian ini instrumen untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara,dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik member chek.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) hambatan proses pembelajaran daring siswa SMAN 8Makassar yaitu a) keterbatasan jaringan internet. b) kesulitan fokus pembelajaran daringberlangsung. c) keterbatasan pulsa data atau kuota internet. d) aplikasi pembelajaran daring yang rumit. 2) upaya mengatasi proses pembelajaran daring siswa SMAN 8 Makassar yaitu a) menerapkan sistem pembelajaran luring melalui rolling class. b) mempermudah siswa dalam pembelajaran daring melalui aplikasi. c) pengawasan dan evaluasi pembelajaran daring.


Keywords


Hambatan; Pembelajaran daring; Upaya Mengatasi

Full Text:

PDF

References


Al-Qawiy, Abu abdirrahman. 2004. Mengatasi Kejenuhan, Jakarta: Khalifa

Gagne, 1977, Zona Referensi :Pengertian Pembelajaran. 10 Juni 2021. https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/

Kartika, A. R. 2018. Model Pembelajaran Daring. Journal of Early Childhood Care & Education, 27.

La Hadisi, Wa Muna. 2015. Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-Learning). Jurnal Al-Ta’dib. Vol 8 No. 1..

Syah, Muhibbin, 1999, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Imam. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta : Bumi Aksara

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Pranata Media Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititatif dan R&d. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M Idris

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.