Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMAN 1 Tapalang Barat

Jihan Amin(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran tingkatkemampuan berpikir ktitis siswa SMAN 1 Tapalang Barat pada mata pelajaransosiologi 2) pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikirkritis siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Tapalang Barat. Jenispenelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif,populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 orang. Teknik penentuan sampel dilakukan melalui proportionate Stratified Random Sampling, dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh (100 orang) sampel. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisi inferensial menggunakan bantuan SPSS versi 25.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) gambaran tingkat kemampuanberpikir kritis siswa SMAN 1 Tapalang Barat pada mata pelajaran sosiologiberada pada kategori sedang dengan nilai persentase 45%, 2) pengaruh metodeproblem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaransosiologi di SMAN 1 Tapalang Barat hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansikedua variabel sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya kedua variabel memilikihubungan atau berkorelasi dengan nilai R sebesar 0,526, bila didasarkan padatabel pedoman interpretasi nilai koefisien korelasi maka tingkat pengaruh problem solving dengan tingkat kemampuan berpikir kritis adalah sedang dan mempunyai arah positif, yang artinya semakin tinggi problem solving maka tingkat kemampuan berpikir kritis juga semakin tinggi, atau sebaliknya jika problem solving rendah maka perilaku kemampuan berpikir kritis juga rendah. 

Keywords


Problem solving, Berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Palupi, Putri Linda. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Di SMAN 12 Semarang. Skripsi S1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahmawanty, Noni. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2(2), 201-210

Pisaba, Dwi Milta. 2018. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMK SMTI Bandar Lampung. Skripsi S1. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Desti Ahmatika. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Inquiry/discovery. Jurnal Euclid. Vol . 3 (1).

Karim, Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol (3), hal 92-104.

Romy, Mustofa, Sucianti, F. 2019. The Effect of Resiprocal Teaching Learning on Critical Thinking Ability. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9 (2).

Fera, Hidayati. 2017. Pengaruh metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Payaraman Desa Tnajung Lalang Kecamatan Payamaran Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi S1. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandunng:

Alfabeta

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-prpgresif. Jakarta:

Kencana Prenada Media

Wardani, Eni Kusuma, Sholikhah, (2020). Analisis Hubungan Antara

Kemampuan Berpikir Kritis dengan Self Confidence Mahasiswa pada

Pokok Bahasan Kinematika. Jurnal Kependidikan Betara, 1(1), 1-7.

Ritonga, Nova, dkk. 2021. Implementasi Metode Problem Solving Dalam

Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Di Sekolah. Jurnal: Shanan, 5(1).

Rachmadtullah, Reza. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Dengan

Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jihan Amin, Supriadi Torro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.