Blended Learning Pada Mata Pelajaran Sosiologi Dimasa Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Sampaga Kabupaten Mamuju

Dwi Sartika(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Bagaimana pelaksanaan Blended Learning pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Sampaga kabupaten Mamuju dan 2) Faktor pendukung dan penghambat blended learning pada mata pelajaran sosiologi dimasa pandemi covid-19. Di SMAN 1 Sampaga Kabupaten Mamuju. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang yang ditentukan dengan purposive sampling dengan kriteria infoman tenaga pendidik dan siswa kelas X IPS dan XI IPS SMAN 1 Sampaga Kabupaten Mamuju dipilih berdasarkan siswa yang memiliki nilai tertinggi dan guru yang paling seimbang mempraktekkan blended learning antara luring dan daring. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan blended learning pada mata pelajaran sosiologi dimasa pandemi covid-19 di SMAN 1 Sampaga Kabupaten Mamuju yaitu: a) Guru menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp b) Pembelajaran blended dilakukan secara bergantian dan c) Pembelajaran online guru meminta siswa mengamati video. 2) Faktor penghambat dan pendukung blended learning pada mata pelajaran sosiologi dimasa pandemi covid-19 di SMAN 1 Sampaga kabupaten Mamuju. Faktor Penghambat yaitu : a) Jaringan yang terbatas b) Tidak memiliki data internet. Sedangkan faktor Pendukung yaitu a) Pihak pemerintah, dan b) Lokasi atau wilayah.

Keywords


Blended learning; covid-19; sekolah

Full Text:

PDF

References


Adri, F. M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid-19 berbasis blended learning. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 110–118.

Akbar, W., & Aritonang, I. B. (2022). Strategi pembelajaran blended learning dalam masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar PPKn di kelas V SDN percontohan pematang siantar.

Annisa, R. (2021). Implementasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas XI MA Islamiyah Sawangan Depok.

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661.

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2).

Karlina, S., & Sudarman, A. (2021). Implementasi blended learning pada pendidikan karakter anak usia dini masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5463–5469.

Martin, Y., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 183–187.

Muthmainnah, N., & Arifin, Z. (n.d.). HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 SELAYAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 79–83.

Noval, A., & Nuryani, L. K. (2020). Manajemen pembelajaran berbasis blended learning pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di mas ypp jamanis parigi dan man 1 pangandaran). Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(2), 201–220.

Qotrunnada, A., & Khasanah, N. (2021). Blended learning: solusi model pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 1–14.

Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Sari, P. N. (2022). Implementasi Metode Problem solving pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di MA Nuril Huda Tarub. IAIN Kudus.

Torro, S., Awaru, A. O. T., Ahmad, M. R. S., & Arifin, Z. (2021). A Comparative Study of ICT and Conventional Teaching Roles in Boat Class of Coastal Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1), 12171.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model pembelajaran mastery learning upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Deepublish.

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). Dampak Pandemi Covid19 Terhadap Pemanfaatan E Learning. Jurnal Dimensi, 9(2), 307–322.


Article Metrics

Abstract view : 180 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dwi Sartika, Dwi Sartika, Zainal Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.