Adaptasi Dalam Proses Pembelajaran Sosiologi Akibat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMAN 14 Sinjai)
(1) Univesitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Adaptasi yang terbentuk dalam proses pembelajaran sosiologi di SMAN 14 Sinjai pada masa pandemi covid-19 dan 2) Faktor yang menjadi penghambat dalam adaptasi dalam proses pembelajaran sosiologi akibat pandemi covid-19 di SMAN 14. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun jumlah informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan terdiri dari 7 orang, dengan kriteria yakni; a) Guru sosiologi di SMAN 14 Sinjai. b) Siswa kelas IPS dengan nilai tertinggi dalam pembelajaran sosiologi selama pandemi covid-19 di SMAN 14 Sinjai. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, serta wawancara. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini dianalisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi penyimpanan data. Serta pengecekan keabsahan data digunakan member check. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, 1) Adaptasi yang terbentuk dalam proses pembelajaran sosiologi di SMAN 14 Sinjai pada masa pandemi covid-19 yakni, a) Metode pembelajaran, b) media pembelajaran, dan c) Evaluasi pembelajaran. 2) Faktor yang menjadi penghambat dalam adaptasi dalam proses pembelajaran sosiologi akibat pandemi covid-19 di SMAN 14 yakni a) masalah kouta internet, dan b) masalah jaringan internet tidak stabil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, C., & Hermawan, D. (2013). E-business dan E-commerce. Penerbit Andi. Jogyakarta,
–53.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.
Atika, J. (2015). Kajian Interior Ruang Tidur pada Anak. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia
Dan Industri Kreatif, 1(1), 28–38.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M.
A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri:
Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Ibrahim, J. T. (2019). Sosiologi Pedesaan. UMMPress.
Lestari, M., & Susilawati, N. (2022). Adaptasi Orang Tua Menghadapi Perubahan Belajar Anak
dari Belajar Daring menjadi Pembelajaran Tatap Muka. Jurnal Perspektif, 5(3), 452–460.
Levani, Y., Prastya, A. D., & Mawaddatunnadila, S. (2021). Coronavirus disease 2019 (COVID19): patogenesis, manifestasi klinis dan pilihan terapi. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan,
(1), 44–57.
Nugroho, A. C. (2021). Teori Utama Sosiologi Komunikasi (Fungsionalisme Struktural, Teori
Konflik, Interaksi Simbolik). Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2).
Pambudi, A. S. (2021). Kendala Adaptasi Pemerintah Daerah Dalam Implementasi DAK Fisik
Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 11(1), 1–17.
Prayogo, M. M., & Sholikhati, N. I. (2021). Adaptasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Masa
Pandemi di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. INKLUSI Journal of
Disability Studies, 8(1), 29–42.
Puspaningrum, D., & Kusmiati, A. (n.d.). SISTEM SOSIAL DAN PRASYARAT FUNGSIONAL
KELESTARIAN SISTEM MASYARAKAT DESA PENYANGGA TAMAN NASIONAL MERU
BETIRI.
Rean, G. T., Rizkiyanah, P., Yeni, P., & Sakina, S. P. (2022). Implementasi Desain Pembelajaran
Online di SDN 15 Kota Tangerang pada Masa Pandemi Covid 19. YASIN, 2(1), 83–100.
Santoso, Y. K., Jonatan, J. J., Millenika, P., Fernanda, D. A., Setyawan, I., & Susilo, D. (2021).
Rancang Bangun Alat Pintar Protokol Kesehatan COVID-19 Terintegrasi. JST (Jurnal Sains
Dan Teknologi), 10(2), 252–263.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan.
Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.
Subakti, H., Watulingas, K. H., Haruna, N. H., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Fauzi, A., Ardiana,
D. P. Y., Rahmi, S. Y., Chamidah, D., & Saputro, A. N. C. (2021). Inovasi Pembelajaran.
Yayasan Kita Menulis
Article Metrics
Abstract view : 131 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yulianti Yulianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.