Dampak Pembelajaran Daring Pada Anak Keluarga Miskin di Desa Bukit Samang Kecamatan Sendana Kabupaten Majene

Apriliani Yudita(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui 1) Dampak Pembelajaran daring yang dirasakan oleh anak keluarga miskin di Desa Bukit Samang Kecamatan Sendana Kabupaten Majene dan 2) Upaya yang dilakukan oleh anak keluarga miskin di Desa Bukit Samang dalam mengatasi kendala pembelajaran daring yang mereka alami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria anak yang berasal dari keluarga miskin, sedang bersekolah dan memiliki pengalaman mengikuti pembelajaran daring pada tingkat pendidikan SMA/SMK. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dampak pembelajaran daring yang dirasakan oleh anak keluarga miskin di Desa Bukit Samang Kecamatan Sendana Kabupaten Majene yaitu dampak positif a) pembelajaran dinilai menjadi lebih fleksibel, b) membangun jiwa mandiri dan rasa tanggung jawab anak dalam mengikuti pembelajaran dan c) memberi pengalaman baru bagi anak dalam bidang pendidikan e-learning. Dampak negatif a) keterbatasan dalam memahami materi pembelajaran, b) bertambahnya biaya sarana belajar yang harus dipenuhi, dan c) pembelajaran dirasa kurang efektif karena tidak stabilnya jaringan internet. 2) Upaya yang dilakukan oleh anak keluarga miskin di Desa Bukit Samang dalam mengatasi kendala pembelajaran daring yaitu a) berupaya dalam mencari tambahan uang saku untuk memenuhi kebutuhan kuota internet, seperti bekerja di warung dan tempat penjualan ikan ataupun berjualan dan b) belajar ditempat yang kualitas jaringan internetnya cukup stabil, seperti di pinggir pantai, gunung dan kantor desa

Keywords


Pembelajaran Daring; Anak Keluarga Miskin; Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Agung, D. A. G. (2015). Pemahaman awal terhadap anatomi teori sosial dalam perspektif struktural fungsional dan struktural konflik. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 9(2), 162–170.

Ahmad, N. (2019). Manajemen Kurikulum Terpadu di SMPIT Luqmanul Hakim Bandung. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 43–49.

Amalia, I. (2018). MENANAMKAN SIKAP MANDIRI DAN RASA TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN FULL DAY SCHOOL DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(1), 9–13.

Ansar, H., & Syukur, M. (2018). STRATEGI KELUARGA PETANI DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI I DESA PEBALORAN KECAMATAN CURIO KABUPATEN ENREKANG. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 57–61.

Delvi, D. D. (2015). Manajemen Pendidikan Anak di Kalangan Keluarga Miskin. Manajer Pendidikan, 9(2).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Diva, A. S., Chairunnisa, A. A., & Mufidah, T. H. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1).

Hariati, H., & Syukur, M. (2019). Minat Masyarakat Melanjutkan Perguruan Tinggi Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 30–35.

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara.

Ikawati, I., & Wahyuni, S. (2016). Kondisi Kemiskinan di Perdesaan dan Perkotaan. Media Informasi Penelitian Kesejahteraan Sosial, 40(2), 191–201.

Mahyadien, M. (2020). Analisis Dampak Pembelajaran Daring Bagi Pelajar Dalam Membentuk Keaktifan Belajar Di Padukuhan Mlangi Sawahan, Nogotirto, Gamping, Sleman.

Muslimin, M. (2021). RENDAHNYA MINAT PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT PETANI SINGKONG KELURAHAN SAPAYA KECAMATAN BUNGAYA KABUPATEN GOWA. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544.

PUTRI, S. E. K. A. (2021). MANAJEMEN SARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 HARAU.

Rahmawati, N., & Solina, E. (n.d.). BELAJAR DARING DALAM LINGKUNGAN KELUARGA MISKIN PERKOTAAN STUDI PADA KELUARGA MISKIN DI TANJUNGPINANG TIMUR. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL ADMINISTRASI NEGARA SINAGARA 2020.

Saroni, M. (2013). Pendidikan untuk orang miskin: membuka keran keadilan dalam kesempatan berpendidikan. Ar-Ruzz Media.

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan pembelajaran daring di Indonesia. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 89–98.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Apriliani Yudita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.