Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sosiologi Dalam Inovasi Pembelajaran (Studi Penelitian di Kabupaten Pangkep)

Sugianto Sugianto(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Inovasi pembelajaran di Kabupaten Pangkep. 2) Peran MGMP sosiologi dalam inovasi pembelajaran di Kabupaten Pangkep. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan oleh proposive sampling dengan kriteria informan pengurus inti MGMP sosiologi dan guru sudah mengajar lebih dua tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, analisis taksonomi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data mengunakan teknik membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) inovasi pembelajaran di kabupaten Pangkep dapat dilihat dari a) Metode penerapan segitiga pembelajaran luring. b) belajar bersama. c) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. d) Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam bentuk video pembelajaran dengan aplikasi movi maker. 2) Peran MGMP sosiologi dalam inovasi pembelajaran di Kabupaten Pangkep yaitu a) Melaksanakan pengembangan wawasan, pengetahuan dan kompetensi, sehingga memiliki dedikasi yang tinggi. b) Melakukan refleksi diri ke arah pembentukan profil guru yang profesional. c) Diskusi secara berkala tentang masalah-masalah yang terus berkembang yang berkaitan dengan pembelajaran sosiologi. d) Melakukan pelatihan penggunaan ICT (Information, Communication and Technology) sebagai modal dalam pembelajaran.


Keywords


MGMP Sosiologi; Inovasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agung, I., Raharjo, S. B., Sabon, S. S., Supriyadi, T., Mustari, I., Juanita M, F., & Utari, N. R. (2018). Evaluasi pembinaan guru melalui program guru pembelajar guna menuju tingkat keterampilan berpikir tinggi (HOTS). Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Jakarta. Gaung Persada Press.

Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka cipta.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.

Firmansyah, M. B. (2018). Model Pembelajaran Diskusi Berbasis Perilaku Berliterasi Untuk Keterampilan Berbicara_Bayu_sept_2017.

Hamalik, O. (1993). Media Pendidikan Cetakan ke VI. Bandung: Citra Aditya.

Hutahaean, B. (2021). Pengembangan Model Evaluasi Kurikulum Multidimensi Untuk Kurikulum Berbasis Kompetensi. Penerbit NEM.

Indonesia, U.-U. R. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Jakarta: Depdiknas.

Marwati, M. (2018). Peran Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Najri, P. (2020). MGMP dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 130–144.

Nani, N. (2019). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs. Alkhairaat Soulowe Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. IAIN Palu.

Nomor, U.-U. (20 C.E.). Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Pasal I ayat (1) Depdiknas.(2003). Undang-Undang RI Nomor, 20.

Nurfitri, I., & Zaharah, Z. (2018). AKTIVITAS MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DALAM PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERKELANJUTAN (MTSN JAKTIM). Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(02).

Rahman, B. (2014). Refleksi Diri dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Refleksi Diri Dan Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, 17(1), 1–14.

Sari, I. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jumant, 11(1), 81–98.

Saryono, M. D. A. (2003). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Praktek Ibu dalam melaksanakan Stimulasi Bermain pada Bayi di wilayah kerja Puskesmas Umbul Harjo I Yogyakarta Jurnal Mandala of Health. Vol. 2. No. 2. Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Yana, A., & Arifin, Z. (n.d.). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI PADA SMA DI KECAMATAN POLEWALI). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 50–54.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sugianto Sugianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.