Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Upacara Rambu Solo Di Desa Benteng Alla Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang

Nurul Qalbi Syamsul A(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Alasan tradisi rambu solo di Desa Benteng Alla Utara Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang masih tetap dipertahankan sampai sekarang 2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam tradisi upacara rambu solo di Desa Benteng Alla Utara Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 10 orang yang ditentukan melalui teknik purpose sampling dengan kriteria informan Pemangku Adat di Desa tersebut, Masyarakat yang masih aktif menjalankan tradisi rambu solo di Desa Benteng Alla Utara. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) alasan masyarakat di Desa Benteng Alla Utara masih mempertahankan tradisi upacara rambu solo adalah a) warisan budaya leluhur. b) memiliki manfaat bagi orang yang meninggal dan keluarga yang mengadakannya karena ini menjadi penyambung dan mempererat tali silahtuhrahmi, persaudaraan antara keluarga dan masyarakat satu dengan yang lainnya, dan c) bentuk kecintaan terhadap keluarga yang meninggal. 2) Nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam tradisi upacara rambu solo antara lain: a) nilai pendidikan ketuhanan atau religus, b) nilai pendidikan kemasyarakatan, c) nilai pendidikan moral dan, d) nilai pendidikan budi pekerti.

Keywords


Nilai-Nilai Pendidikan; Upacara Tradisi Rambu Solo

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2006). Filsafat manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z., Muthmainnah, S., & Nurhilaliyah, N. (n.d.). Sekolah Berasrama (Boarding School) dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Kabupaten Jeneponto. Seminar Nasional LP2M UNM.

Damsar, D. (2015). Pengantar Teori Sosiologi. Jakarta: PT Aditya Andrebina Agung.

Hidayah, M. N. (2018). Tradisi Pemakaman Rambu Solo Di Tana Toraja Dalam Novel Puya Ke Puya Karya Faisal Oddang (Kajian Interpretatif Simbolik Clifford Geertz). State University of Surabaya.

Ihsan, H., & Ihsan, F. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2001.

INDONESIA, P. B. D. A. N. S. (n.d.). Ungkapan Bahasa dalam Ritual Budaya Rambu Solo’masyarakat Balusu Toraja Utara The Language Expression In Culture Ritual “Rambu Solo” North Toraja.

Kaswardi, E. M. K. (1993). Pendidikan nilai memasuki tahun 2000. Diterbitkan atas kerjasama Komisi Pendidikan KWI/MNPK dan Penerbit PT ….

Khasanah, U. (2011). Penerimaan orangtua pada anak yang menyandang tunarungu: studi kasus. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Mulyana, D., & Rakhmat, J. (1990). Komunikasi antarbudaya. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.

Peursen, V. C. A. (1985). Susunan Ilmu Pengetahuan Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu, Alih Bahasa Oleh J. Drost‖, Gramedia Jakarta, 1.

Sahara, L. (2021). Analisis Nilai Sosial pada Kumpulan Puisi Sebuah Kota dalam Tubuh Karya Djuhardi Basri sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Sudiono, E. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berasarkan analisis newman. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 295–301.

Surnoyo, A. (2010). Kamus Antropologi. Jakarta: Balai Pustaka.

Warisno, A. (2017). Tradisi Tahlilan Upaya Menyambung Silaturahmi. Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 2(02), 69–97.

Widianto, B., & Pirous, I. M. (2009). Perspektif budaya: kumpulan tulisan Koentjaraningrat memorial lectures IV/2004-2008. Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 398 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Qalbi Syamsul A, M. Ridwan Said Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.