Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan KKN Domisili Universitas Negeri Makassar Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Gowa

Juasmar Azis(1), Muhammad Syukur(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan KKN Domisili Universitas Negeri Makassar pada masa pandemi covid 19 di Kabupaten Gowa. Pendekatan dengan jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitan ini sebanyak 12 orang yang ditentukan melalui teknik snowball sampling dengan kriteria a) Mahasiswa UNM b) Telah melaksanakan KKN domisili c) Berdomisili di Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan KKN Domisili Universitas Negeri Makassar pada masa pandemi covid 19 di Kabupaten Gowa adalah, a) Cukup paham dan merasa kurang tertarik, b) Kesan dan ekspektasi, c) Keterbatasan kegiatan d) Hasil atau penilaian secara terbuka.


Keywords


Persepsi; Proses Pelaksanaan KKN Domisili

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2011). Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Suatu Tinjauan Kritis. Makassar: Andira Publisher.

Febrini, D., Asiyah, A., & Khoiri, Q. (2016). Persepsi Masyarakat Kota Bengkulu Mengenai Gerakan Islam Radikal. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1).

Fida, A. (1997). Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jakarta: Rineka Cipta.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hafid, A., Amir, I. W., Wali, T., Rianti, S., Rohani, R., & Mulyana, S. H. (n.d.). Arallae Smart Class. Journal Lepa-Lepa Open, 1(1), 78–87.

KKN, P. (n.d.). KKL. 2020 “Merajut Asa Membangun Daerah” Universitas PGRI Palembang. Palembang.

Kreitner, R., & Kinichi, A. (2005). Perilaku Organisasi Edisi ke 5 Jilid 2. Salemba Empat: Jakarta.

Mataram, P. (n.d.). Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Ke VII.

Pendidikan, M., & Indonesia, K. R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Satiadarma, M. P. (2001). Persepsi Orang Tua Membentuk Perilaku Anak: Dampak Pygmalion di dalam Keluarga. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Septiarani, H. E., Aristoteles, A., & Wamiliana, W. (n.d.). Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan Algortima Greedy untuk Menentukan Pengelompokan Peserta KKN (Studi Kasus: Universitas Lampung).

Shafaruddin, R. (2013). Persepsi Mahasiswa Terhadap Upt. Perpustakaan Universitas Tanjungpura. Tanjungpura University.

Sukanti, S. (2009). Analisis Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fise Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(1).

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Wahyuni, D., & Adila, U. (2020). Pengabdian Masyarakat dari Rumah di Tengah Pandemi Covid-19. CV. Creative Tugu Pena: Lampung.


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2022 Juasmar Azis, Muhammad Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.