Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Sopai

Sarwinda Balo'(1), Supriadi Torro(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengelolaan Pembelajaran Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Sopai, 2) Motivasi Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN 1 Sopai. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang  yang ditentukan melalui teknik Purposive Samplingdengan kriteria 1)Guru SMPN 1 Sopai yang berpengalaman dan mengajar di SMPN 1 Sopai selama lebih dari 10 tahun, 2) siswa SMPN 1 SopaiKelas VIII tahun ajaran 2020/2021, yang disebut oleh guru sebagai kelas dengan siswa yang paling aktif dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan pembelajaran selama pandemi dilakukan dengan sistem pembelajaran daring, dengan membuat grup Whatsapp dan luring, diadakan dengan tatap muka secara terbatasmelihat adanya kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa, 2) Motivasi belajar peserta didik selama pandemi dipengaruhi oleh faktor intrinsik, yaitu dengan adanya keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan dan kebutuhan peserta didik.dan faktor ekstrinsik yaitu dukungan dari guru dan orang tua.

Keywords


Pengelolaan pembelajaran; Motivasi Belajar; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Awaru, A. O. T., Syam, A., Rahman, A., Torro, S., Zulkifli, Z., Ferdiansyah, E., & Khatimah, A. K. (2021). Workshop Edukasi Microsoft Office 365 Dalam Upaya Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 478–490.

Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2).

Eliyanti, M. (2018). Pengembangan Pembelajaran Aktif Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Dalam Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1).

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Fathoni, M., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Website Madrasah Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Mts Kedungjambe Singgahan Tuban. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 199–217.

Hamjen, H. (2015). Motivasi Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Telekomunikasi Di Pedesaan. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 18(3), 185–202.

Kompri, M. P. I. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Purwanti, E. (2018). Efektivitas Pembelajaran Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sumber Daya Alam (Penelitian pada Siswa kelas IV SD Negeri Girirejo 2). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 2(2).

Solong, N. P. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 19–32.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sumiati, S., & Triposa, R. (2021). Prinsip Guru Pendidikan Agama Kristen Memotivasi Belajar Peserta Didik Dalam Perspektif Alkitab. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 69–84.

Syam, S., & Apriyani, L. (2016). Kompetensi Profesional Guru Sosiologi Sma Negeri Kota Bandung. SOSIETAS, 6(1).

Torro, S., Bundu, P., & Rahman, A. (2018). A Study on Homeschooling in Makassar South Sulawesi. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN, 2320–7388.

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sarwinda Balo, Supriadi Torro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.