Pilihan Rasional Siswa dalam Memilih Sekolah Menengah Umum dan Kejuruan (Studi Kasus Di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros)

Sultan Sakri(1*), M Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Rasionalitas siswa dalam memilih sekolah menengah umum dan kejuruan untuk melanjutkan pendidikan, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa memilih sekolah menengah umum dan kejuruan untuk melanjutkan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan siswa sekolah menengah umum dan kejuruan yang berdomisili di Kecamatan Tompobulu. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rasionalitas siswa dalam memilih sekolah tingkat menengah umum dan kejuruan di Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros dilandasi oleh dua pilihan rasional utama antara lain; a) Kualitas sekolah, dan b) Cita-cita individu. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam memilih sekolah menengah umum dan kejuruan antara lain; a) Faktor biaya pendidikan, b) Faktor geografis, dan c) Dorongan orangtua dan teman sebaya.

Keywords


Rasionalitas Pilihan; Siswa; Sekolah Umum; Sekolah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Ahidin, U. (2019). Analisis Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Lembaga Pendidikan Melalui Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan (Studi Empiris Pada Taman Kanak-Kanak Islam Di Kelurahan Cinere Kota Depok). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 9–20.

Arsita, M. (2016). Rasionalitas Pilihan Orang Tua Terhadap Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Remaja Awal. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2).

Cipta, A. W., & Wulandari, R. (2018). KONTRIBUSI KONSEP DIRI SISWA DAN KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PEMILIHAN SEKOLAH LANJUTAN. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(3), 89–96.

Dharmayanti, W., & Munadi, S. (2014). Faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa smp masuk SMK di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3).

Djusmin, H. (2016). Komunikasi Politik (Analisis Terhadap Pencitraan Politik Tenri Olle Yasin Limpo pada Pilkada Serentak 2015). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Faizin, M., & Syathori, A. (2018). Hubungan Antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kabupaten Cirebon.

Harningsih, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Di Perguruan Tinggi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi terhadap Mahasiswa Angkatan 2017, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Imam, K., & Ahmad, M. R. S. (n.d.). Persepsi Perokok Aktif Dalam Menanggapi Label Bahaya Rokok Dikalangan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 51–56.

Kadir, A. (2015). Dasar-dasar pendidikan. Kencana.

Khoirunnisa, T., Constantin, C., & Nazari, N. (2020). Motivasi Orang Tua Dalam Memilih Pendidikan Anak Didesa Pasar Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Lestari, I. P. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) negeri di Kota Blitar. Universitas Negeri Malang.

Pramastuty, K. (2019). Pilihan Rasional Pengajar Dalam Mengajar Di Komunitas Save Street Child Surabaya. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Samsudin, M. A., & Iffah, U. (2020). Menumbuhkan Sikap Sosial Dan Spiritual Siswa Di Sekolah. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 4(2), 149–159.

Septhevian, R. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Orangtua Dalam Memilih Sekolah Dasar (SD). UAJY.

Suryanti, S. T. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan teman sebaya terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa MAN Purwoasri Kabupaten Kediri tahun ajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Syafi’i, E. K. (2018). Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PAI Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tutur Kabupaten Pasuruan dan SMP Negeri 13 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Van Hiep, N., & Tram, P. N. (2020). Innovation in Vietnamese Higher Education Teaching Methods-Approach from Rational Choice Theory. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7949–7956.

Wahyudin, W., Arifin, Z., & Ahmad, M. (2018). Dampak penyalahgunaan obat-obatan terlarang (studi kasus SMA Negri 6 Takalar). UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.


Article Metrics

Abstract view : 288 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sultan Sakri, M Ridwan Said Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.