KENDALA FULL DAY SCHOOL DI SMAN 16 MAKASSAR

Juliayu Razak(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kendala guru dalam pelaksanaan sistem full day school di SMAN 16 Makassar dan 2) Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi kendala full day school. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan yaitu sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan full day school di SMAN 16 Makassar yaitu; a) kurangnya waktu untuk beristirahat bagi guru, b) proses belajar mengajar tidak kondusif, dan c) media pembelajaran kurang memadai. 2) Upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi kendala full day school di SMAN 16 Makassar yaitu; a) menjaga daya tahan tubuh, b) menerapkan model pembelajaran yang kreatif, dan c) memanfaatkan sumber belajar lain.


Keywords


Kendala; Upaya; Full Day School.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Juliayu Razak, M. Ridwan Said Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.