IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI MA NEGERI 1 WATANSOPPENG

Fitri Handayani(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi pembelajaran Higher Order Thinking Skil, dan 2) Hambatan dalam penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skill. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu guru yang menerapkan pembelajaran Higher Order Thinking Skill pada mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan, dan guru yang berusia 30-50 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran Higher Order Thinking Skil yaitu: a) menelaah informasi secara kritis, melalui apersepsi berupa video, gambar, contoh kasus, kegiatan literasi yang kemudian ditanggapi atau dikritisi baik berupa isi maupun bentuknya b) menciptakan daya kreatif siswa, melalui pengamatan atau penelitian untuk menemukan sendiri jawabannya, membuat laporan praktikum, atau membuat sebuah karangan dan c) meningkatkan kemampuan memecahkan masalah melalui diskusi, debat dan membuat soal-soal HOTS 2) Hambatan dalam penerapan pembelajaran Higher Order Thinking Skill yaitu: a) HOTS belum familiar bagi siswa dan guru, b) waktu yang terbatas dan c) kurangnya fasilitas dalam pembelajaran berbasis HOTS.


Keywords


Higher Order Thinking Skill; Kritis; Kreatif; Memecahkan masalah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 417 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitri Handayani, Muhammad Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.