DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 4 MAROS

Nurmajida Elfiana(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan sekolah menggunakan media online di SMA Negeri 4 Maros serta dampak penggunaan media online terhadap pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 4 Maros. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 15 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu guru yang mengajar di SMA Negeri 4 Maros dan siswa SMA Negeri 4 Maros. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan 1) Alasan sekolah menggunakan media online di SMA Negeri 4 Maros di antaranya: a) Tuntutan Pemerintah, b) Sarana sekolah yang telah lengkap, c) Kompetensi guru yang telah mampu menjalankan pembelajaran online. 2) Dampak penggunaan media online dalam pembelajaran sosiologi di SMA Negeri 4 Maros menimbulkan dampak negatif di antaranya: a) Motivasi belajar siswa, dan b) Hasil belajar siswa.

 


Keywords


media online; dampak; siswa

Full Text:

PDF

References


Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi media internet di kalangan mahasiswa. Humaniora, 6(4), 470–482.

Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Darmawan, H., & Kurniawati, Y. (2019). Split-Face Comparative Study of Microneedling with Platelet-Rich Plasma versus Microneedling Alone in Treating Acne Scars. Skinmed, 17(3), 207–209.

Ferawati, F. (2017). STUDI TENTANG KONDISI SARANA DAN PRASARANA PRAKTIK PADA BENGKEL TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 6 KOTA MALANG. JURNAL TEKNIK MESIN, 23(2).

Hewi, L., Saleh, M., & Wahyuni, R. (2019). Kelekatan (attachment) anak usia dini di Suku Laut Kabupaten Wakatobi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–415.

ILMA, Z. N. (2020). PENERAPAN MEDIA DARING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN.

Islam, S., Shajib, M., Rashid, R. Bin, Khan, M. F., Al-Mansur, M., Datta, B. K., & Rashid, M. A. (2019). Antinociceptive activities of Artocarpus lacucha Buch-ham (Moraceae) and its isolated phenolic compound, catechin, in mice. BMC Complementary and Alternative Medicine, 19(1), 1–13.

Karwono & Mularsih, H. (2017). Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. Depok: Rajagrafindo Persada, 19–23.

Muhamad, K. (2021). PRAKTIK PEMBELAJARAN RUMPUN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MTS MINAT KESUGIHAN CILACAP). IAIN Purwokerto.

Munawaroh, H. (2010). Media online sebagai sumber belajar di kalangan mahasiswa. UIN Sunan Kalijaga.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nuralawiah, S. (2019). Tinjauan Hukum Islam terhadap Tradisi Mappakatau Ri Tau Marajae Setelah Panen Padi di Pakalu Kelurahan Kalabbirang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nurdyansyah, N., & Andiek, W. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 9–15.

Sajid, M., Bashir, N. H., Batool, Q., Munir, I., Bilal, M., Jamal, M. A., & Munir, S. (2017). In-vitro evaluation of biopesticides (Beauveria bassiana, Metarhizium anisopliae, Bacillus thuringiensis) against mustard aphid Lipaphis erysimi kalt.(Hemiptera: Aphididae). Journal of Entomology and Zoology Studies, 5(6), 331–335.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurmajida Elfiana, Muhammad Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.