Aplikasi E-Panrita dalam Meningkatkan Disiplin Guru di SMA Negeri 8 Makassar

Hasril Hasril(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Dampak aplikasi e-Panrita
dalam meningkatkan disiplin guru di SMA Negeri 8 Makassar. 2). Kendala yang
dihadapi guru dalam memanfaatkan aplikasi e-Panrita di SMA Negeri 8
Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam
menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu
guru dan kepala sekolah. Jumlah informan sebanyak 11 orang yang terdiri dari 10
guru dan seoramg kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe
deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dampak aplikasi e-Panrita dalam
meningkatkan disiplin guru di SMA Negeri 8 Makassar adalah ketepatan waktu,
menggunakan peralatan kantor dengan baik, tanggung jawab yang tinggi, dan
ketaatan terhadap aturan kantor. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam
memanfaatkan aplikasi e-Panrita di SMA Negeri 8 Makassar adalah jaringan
internet yang tidak stabil, aplikasi e-Panrita kurang responsif, sosialisasi fitur
yang belum optimal, dan evaluasi penerapan e-Panrita belum maksimal.


Keywords


Aplikasi e-Panrita; Disiplin Guru

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.

Ihromi, T. (1999). Bunga rampai sosiologi keluarga. Yayasan Obor Indonesia.

Jumriah, J. (2016). Disiplin Kerja Guru Dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. fakultas Ilmu Sosial.

Munna, T. R., & Prayogi, A. (2021). Strategi Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat Kelurahan Bligo Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 404–422.

Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).

Panggarra, R. (2014). Konflik Kebudayaan Menurut Teori Lewis Alfred Coser Dan Relevansinya Dalam Upacara Pemakaman (Rambu Solo’) Di Tana Toraja. Jurnal Jaffray, 12(2), 291–316.

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679–686.

Rizkon, A. (2019). Pengaruh Metode Islah Mubasyir Terhadap Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al-Basyariyah Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 23–29.

Sasmita, L., & Ahmad, M. R. S. (n.d.). Faktor Penyebab Ketidakaktifan Siswa Kelas Xi Ipas 4 dalam Proses Belajar Mengajar di Sma Negeri 12 MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 100–105.

Setiawan, I., Rusydi, I., Rahmawati, A., & Hasanah, S. (2022). Jejak Digital sebagai Alat Bukti Petunjuk Menurut Pasal 184 Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana. Jurnal Ilmiah Galuh Justisi, 10(1), 119–132.

Simarmata, J., Romindo, R., Putra, S. H., Prasetio, A., Siregar, M. N. H., Ardiana, D. P. Y., Chamidah, D., Purba, B., & Jamaludin, J. (2020). Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Manajemen. Yayasan Kita Menulis.

Supiningsih, S. (2020). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Buku Pratinjau di SMKN 2 Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 42–47.

Widodo, P. B. (2000). Rancangan perpustakaan di perguruan tinggi: Kajian Psikologi Lingkungan. Buletin Psikologi, 8(1).

Wijayanti, D. M. (2017). Guru Zaman Now (Guruku, Sahabatku). Formaci.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hasril Hasril

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.