Implementasi Dan Kontribusi Komite Sekolah Terhadap Program Sekolah Ramah Anak Di SMA Negeri 11 Pangkep
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep. 2) Kontribusi komite sekolah terhadap pengimplementasian program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang memiliki sertifikasi pendidik, guru yang mengajar di SMA Negeri 11 Pangkep minimal 5 tahun dan guru yang pernah mengikuti sosialisasi sekolah ramah anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakancek anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi program sekolah ramah anak mengenai SMA Negeri 11 Pangkep yaitu: a) adanya sosialisasi program sekolah ramah anak kepada seluruh pihak sekolah, b) pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan hak-hak anak, c) adanya sarana dan prasarana yang ramah anak, d) pembelajaran yang ramah anak, e) memiliki lingkungan sekolah yang baik untuk perkembangan anak dan f) partisipasi anak dalam kegiatan sekolah ramah anak. 2) Kontribusi komite sekolah terhadap implementasi program sekolah ramah anak di SMA Negeri 11 Pangkep yaitu: a) pertimbangan atau saran terhadap perencanaan program sekolah ramah anak, b) pengontrol program sekolah ramah anak,
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 152 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nur Sita Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.