FENOMENA CATCALLING TERHADAP PEREMPUAN BERJILBAB STUDI PADA MAHASISWI (FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Mulianti Mulianti(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana persepsi mahasiswi berjilbab di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar terhadap perilaku catcalling yang pernah dialami, 2) Untuk mengetahui dampak catcalling bagi mahasiswi berjilbab di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, kriteria penentuan informan: Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar angkatan 2017-2020, Menggunakan jilbab, Pernah mengalami catcalling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi mahasiswi berjilbab di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar terhadap perilaku catcalling adalah a) Panggilan menggoda b) Gangguan di jalan c) pelecehan seksual verbal. 2) Dampak catcalling bagi perempuan berjilbab di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar adalah a) Kesehatan psikis, diantaranya mereka merasa malu, risih, tertekan, takut, serta di rendahkan b) Pemenuhan hak asasi perempuan dan relasi sosial yakni ruang gerak mereka di ruang publik menjadi terbatas..

 


Keywords


Catcalling; pelecahan seksual; verbal; perempuan

Full Text:

PDF

References


Dewi, I. A. . (2017). Catcalling: Candaan, pujian atau pelecehan seksual. Acta Comitas, 4(2), Pp.198-211.

Hidayat, A. Setyanto, Y. (2020). Fenomena catcalling sebagai bentuk pelecehan seksual secara verbal terhadap perempuan di Jakarta. Koneksi, 3(2), Pp.485-492.

Pratama, D. W. (2020). Pengaruh Komunikasi Verbal Catcalling Terhadap Rasa Takut Perempuan di Ruang Publik Pada Siswi SMA Swasta Al Kautsar Bandarlampung. Universitas Lampung.

Puspitasari, Y. N. H. (2019). Catcalling dalam Perspektif Gender, Maqasid Syariah dan Hukum Pidana Pada Mahasiswi Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

PUTRI, N.R.R., Hasan, K. N., & Yuningsih, H. (2021). PERSPEKTIF HUKUM PIDANA TERHADAP PERILAKU PELECEHAN SECARA VERBAL (CATCALLING) DI INDONESIA. (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).

Rahman, N. (2019). Pelecehan Seksual Verbal Pada Mahasiswi Berjilbab (Studi Tentang Pemaknaan Pengalaman Pelecehan Seksual Verbal Bagi Mahasiswi Berjilbab di Kota Surabaya). (Doctoral Dissertation, Universitas Airlangga).

Rahmi, A. (2020). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Terhadap Kasus Pelecehan Seksual Catcalling.

Ratna, B. . (2005). Demokrasi Keintiman; Seksualitas di Era Global. LKIS PELANGI AKSARA.

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar gender dan feminisme: Pemahaman awal kritik sastra feminisme. Garudhawaca.

Sagala, R. V. (2020). Ketika Negara Mengatur Kekerasan Seksual. GUEPEDIA.

Siregar, N. S. . (2013). Persepsi orang tua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak. (Journal of Governance and Political Social UMA), 1(1), Pp.11-27.

Sumera, M. (2013). Perbuatan Kekerasan/Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan. Lex et Societatis, 1(2).

Sumera, M. (2013). Perbuatan Kekerasan/Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan. Lex et Societatis, 1(2).

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. GUEPEDIA.

Udasmoro, W. (2018). Dari Doing ke Undoing Gender: Teori dan praktik dalam kajian feminisme. UGM PRESS.

Windrayani, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Aktivitas Catcalling di Lingkungan Kampus Universitas Medan Area. Doctoral Dissertation, Universitas Medan Area).


Article Metrics

Abstract view : 799 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muli anti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.