SOLIDARITAS SOSIAL DALAM MASYARAKAT DI KECAMATAN MESSAWA KABUPATEN MAMASA

Anita Anita(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bentuk solidaritas sosial dalam masyarakat di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa, 2) cara solidaritas sosial dipertahankan dalammasyarakat di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa, 3) faktor pendorong dipertahankannya solidaritas sosial dalam masyarakat di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk solidaritas sosial dalam masyarakat di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasaadalah bentuk solidaritas sosial mekanik. 2) Cara solidaritas sosial dipertahankan dalam masyarakat di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa antara lain, a) melalui komunikasi yang baik, b) tolong menolong (saling membantu), c) saling menghormati, d) percaya satu sama lain, e) gotong royong, f) melalui nasihat. 3) Faktor pendorong dipertahankannyasolidaritas sosial dalam masyarakat di Kecamatan Messawa Kabupaten Mamasa antara lain: a) budaya, b) agama, c) ikatan kekeluargaan.


Keywords


Solidaritas Sosial, Masyarakat, Kecamatan Messawa.

Full Text:

PDF

References


Aryanatha, I Nengah. 2019. Bentuk Dinamika Solidaritas Sosial Dalam Merespons Transformasi Budaya Pada Masyarakat Hindu Di Kota Mataram. Widya Sandhi, 10 (1).

Cheming, Abdulloh. 2018. Konsep Ibn Khaldun Tentang Dakwah dan Solidaritas Sosial Dalam Kitab Muqaddimah. Skripsi S1. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Damsar dan Indrayani. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group. Faizal, Indra. 2017. Peranan Guru Sosiologi Dalam Menanamkan Solidaritas Kebangsaan

Pada Peserta Didik Di SMA Negeri 11 Bulukumba Kecamatan Bonto Tiro Kabupaten Bulukumba.Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 4 (1).

Ferbi, Sarah Rinanty. 2015. Solidaritas Sosial Komunitas Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) (Studi Kasus Desa Rejosari Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun). Skripsi S1. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hendra, dkk. 2019. Eksistensi Solidaritas Sosial Budaya Maudu Lompoa Dalam Tinjauan Geografi Budaya. Jurnal Azimut, 2 (1).

Kusmanto, Heri. 2013. Peran Badan Permusyawaratan Daerah dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 1 (1).

Mahatir, Muhamad. 2015. Pola Komunikasi Komunitas Laskar Sepeda Tua Pekanbaru Dalam Mempertahankan Solidaritas Kelompok. JOM FISIP, 2 (2).

Ramadhanti, Pripta Fajri. 2019. Impresi Tindak Tutur Tidak Langsung Tidak Literal Terhadap Kepekaan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra), 3 (2).

Sefrilina, Sefrilina, dkk. 2020. Solidaritas Sosial dalam Ekstrakulikuler Sispala di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3 (1).

Syarif, Erman, dkk. 2016. Integrasi Nilai Budaya Etnis Bugis Makassar Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Salah Satu Strategi Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1 (1).

Syauqi, Ahmad Zulfahmi. 2020. Peran Koordinator Bonek Revolution Dalam Meningkatkan Sikap Solidaritas Kelompok Pada Anggota. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 08 (02).


Article Metrics

Abstract view : 577 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anita Anita, M. Ridwan Said Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.