DAMPAK DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA KOMUNITAS AL-FURQON FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Faizah Safitri(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dakwah di media sosial pada perilaku  keagamaan mahasiswa komunitas Al-Furqon. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu mahasiswa komunitas Al-Furqon UNM, mahasiswa komunitas Al-Furqon (pengurus dan demisioner), mahasiswa komunitas Al-Furqon angkatan 2016-2017, mahasiswa komunitas Al-Furqon yang memiliki media sosial (Whatshapp, facebook, instagram), mahasiswa komunitas Al-Furqon yang aktif pada media sosial (whatshapp, facebook, instagram). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, model data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Dampak positif dakwah di media sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas Al-furqon  yakni: a.) perilaku terhadap diri sendiri. Sebagai nasehat, sebagai pengingat diri, semangat dalam beribadah, menjadikan nalar kritis menerima ilmu agama. b.) perilaku terhadap sesama. Menghormati dan menghargai orang lain, menjawab salam dan memberikan salam ketika bertemu, santun dalam berbicara, berhati-hati dalam bertutur kata agar tidak menyakiti perasaan orang lain. 2). Dampak negatif dakwah di media sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas Al-Furqon yaitu: a) perilaku terhadap diri sendiri. Sukar mendalami ilmu agama. b) perilaku terhadap sesama. Berupa, bersifat individualis.

Keywords


Dakwah, Media sosial (whattshap, facebook, instagram), Mahasiswa komunitas Al-Furqon.

Full Text:

PDF

References


Faizal, Sanapiah. 1999. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Penididikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Pranata Media Group

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Torro, Supriadi. 2018. Pelaksanaan Homeschooling di kota Makassar. Disertasi S3. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar. Tidak Diterbitkan.

Zaini, Ahmad. 2013. Dakwah Melalui Internet. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Volume 1 N0. 1


Article Metrics

Abstract view : 151 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Faizah Safitri, M. Ridwan Said Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.