Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Sifat-Sifat Benda Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 79 Pinrang

Ila Israwaty(1), St Maryam M(2), Andi Putri Nawirah Patajangi(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.46728

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya proses dan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V UPT SD Negeri 79 Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses belajar tentang sifat-sifat benda pada siswa kelas V UPT SD Negeri 79 Pinrang dan apakah penerapan model  pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar tentang sifat-sifat benda pada siswa kelas V UPT SD Negeri 79 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat benda di kelas V UPT SD Negeri 79 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada proses dan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat benda dengan menerapkan model pembelajaran project based learning (pjbl). Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa yakni 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa pada siklus 1 proses pembelajaran observasi aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup (C) dan observasi aktivitas siswa juga berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil belajar siswa berada pada kualifikasi kurang (K). sedangkan siklus II proses pembelajaran observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kulifikasi baik (B). Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning (PJBL) tentang sifat-sifat benda dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 79 Pinrang.

Keywords


model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Israwaty, I., Fajar, & Muliasari, V. (2020). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) : Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pi-nrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(10), 1–6.

Maryam, S., Ilmi, N., & Abu, L. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPT SD Negeri 116 Pinrang. Global Science Education, 4, 14–19.

Masmulyono, M. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Me-ningkatkan Hasil Muatan Pembelajaran Ipa Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas IV SDN Jatisari Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2018/2019. Intersections, 7(1), 30–38.

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Ganding Pustaka. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/Buku PTK Penuh.pdf

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish publisher.

Riskawati, Israwaty, I., & Mukhlisa, N. (2022). Penerapan Project Based Learning (pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya dan Gerak. Nubin Smart, 2(3), 189–196.

Salim, Karo-Karo, I. R. S., & Haidir. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Perdana Publishing.

Saragih, N. A. N., & Neviyarni. (2023). Studi Literatur : Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 328–340.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ila Israwaty, St Maryam M, Andi Putri Nawirah Patajangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks