Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Tipe Tandur untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 263 Duampanua Kabupaten Pinrang

Muhammad Asrul Sultan(1*), Hasnah Hasnah(2), Nurhikmah Sabir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.46439

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam siswa kelas IV UPT SD Negeri 263 Duampanua Kabupaten Pinrang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran quantum learning tipe TANDUR dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV UPT SD Negeri 263 Duampanua Kabupaten Pinrang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap awal siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik obeservasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 hanya 13 siswa yang tuntas dari 23 siswa dengan kategori (C). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 20 siswa yang tuntas dengan kategori (B). Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran quantum Learning tipe TANDUR dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV UPT SD Negeri 263 Duampanua Kabupaten Pinrang.


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembela-jaran. Bandung:Alfabeta

Darmadi. 2016. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinami-ka Belajar Siswa. Yogyakarta: Group Penerbitan CV. Budi Utama.

Huda, M. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pus-taka Belajar.

Irene, Gunanto, Kristianti, W., & Adhalia, D. 2016. BUPENA Buku Penilaian Tema Daerah Tempat Tinggalku dan Kayanya Negeriku Jilid 4D Untuk SD/MI Kelas IV. Penerbit: Erlangga

Nurdyansyah & Fahyuni, Eni Fariyatul. 2016. Inovasi Model Pembelajara. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

Sumantri, M.S. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar dan Pembe-lajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susiani, Ketut. Dntes, Nyoman. & Tika I Nyoman. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Ter-hadap Kecerdasan Sosio-Emosional dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD di Banyuning.

Syaefuddin, Udin. 2010. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widiasworo, Erwin. 2017. Strategi dan Me-tode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) secara aktif, krea-tif, Inspiratif dan Komunikatif. Yo-gyakarta: AR-Ruzz Media


Article Metrics

Abstract view : 241 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurhikmah Sabir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks