Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV UPTD SDN 57 Parepare

Lukman Lukman(1*), Shasliani Shasliani(2), maharani irwansyah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.46169

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi indahnya keragaman budaya di negeriku melalui penggunaan media permainan ular tangga di kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu 16 siswa dan 1 guru kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini fokus pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar dengan menggunakan media permainan ular tangga pada siklus I dan II meningkat. Sejalan dengan peningkatan proses pembelajaran, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I kategori cukup (C) dan siklus II Kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media permainan ular tangga dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya di negeriku di kelas IV UPTD SDN 57 Parepare.

Full Text:

PDF

References


Abdulloh, S., Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik (Yogi & Widi (eds) ; Pertama). Deepublish.

Djabba, R, Mukhlisa, N, & Utami, D. P. (2021). Penerapan Model Learning Cycle pada Pembelajaran Tema 3 tentang Sistem Pencernaan Pada Hewan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Banga banga Kabupaten Barru. Publikasi Pendidikan, XX(XX), 1–8.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Maisyaroh (2014). Penerapan Metode Permainan Ular Tangga (Snakes Ledder) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 42.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (D.Novidiantoko, A. Rasyadany,& A. Y. Wati (eds) 1st ed..). Deepublish Publisher.

Pasinggi, Y. S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB Melalui Pendekatan Kooperatif Model Jigsaw Di V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. 18(1), 71-76.

Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD. ed. Bunga sari Fatmawai. Jakarta: Bumi Aksara.

Rifa, Iva. (2014). Koleksi Games Edukatif Di Dalam Dan Luar Sekolah. Flashbooks.

Simatupang, Halim. (2019). Strategi Belajar Abad Ke- 21. Surabaya: Pustaka media Guru.

Supriyadi, S. (2019). Karakteristik Geografis Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suprihatiningsih. (2016). Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. Deepublish. Wandini, R. R. & Sinaga, M. R. (2019). Permainan Ular tangga dan kartu pintar pada materi bangun datar. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 41-49.

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 68–73.

Windriati. (2020). Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 maharani irwansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks