Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pentingnya Makanan Sehat Kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare

Muslimin Muslimin(1*), Ritha Tuken Tuken(2), Yulinda Imanuella Mallisa(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.45906

Abstract


Studi ini menelaah Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang Materi Pentingnya Makanan Sehat kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare. Ide awal dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Pembelajaran IPA  di kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare. Tujuan penelitian ini yaitu bagaimana proses penggunaan media Pop-Up Book tentang Materi Pentingnya Makanan Sehat di kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare. Subjek penelitian adalah siswa adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 orang dengan 1 orang guru kelas di kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare. Instrumen yang digunakan adalah tes dan format observasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I berada pada kualifikasi C (Cukup) dan siklus II berada pada kualifikasi B (Baik) dan telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui melalui Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Materi Pentingnya Makanan Sehat kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare.

 

Kata kunci: Media, Pop-Up Book, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aryadillah, & Fitriansyah, F. (2017). Teknologi Media Pembelajaran.

Firmansyah, A. L. (2017). Pengembangan Media Pop Up Ornamen Klasik dalam Mata Pelajaran Kekriyaan di SMK Negeri 1 Dingo. Http://eprient.uny.ac.id/49565/1/Arif Langgeng Firmansyah_Naskah Skripsi.pdf.

Fitri, Nur. A. (2017). Peningkatan kemampuan Penguasaan Kosakata melalui Penggunaan Media Pop Up Pada Siwa Tunarungu Kelas I SD di SLB Damayanti Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta, (1,2)(1,2), 149–200.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Hararap, K. T., Tahrim, T., Anwari, M. A., Rahmat, A., Masdiana, & Made, I. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Ediide Infografika.

Kristanto, A. (2016). Media pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Surabaya.

Masturah, E. D., P, Mahadewi. L. P., & Simamora. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech, 6(2), 212–221.

Nariswari. (2018). Pengembangan Media Buku untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Klaten, Skripsi. Yokyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yokyakarta.

Nengsi, R, Munandar, H, & Junita, S. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1 (1).

Noveri, H. J. A., & Hayati, E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indinesia dan Teknologi Informasi. Banten: Unpam Press.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book pada Materi Minyak Bumi. Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107–113.

Rahayu, N, Munastiwi, E. (2018). Manajemen Makanan Sehat di PAUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3 (2) 65-80.


Article Metrics

Abstract view : 450 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslimin Muslimin, Ritha Tuken Tuken, Yulinda Imanuella Mallisa Mallisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks