Penerapan Guided Inquiry Model Pada Materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar

Maisarah Maisarah(1*),

(1) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.45665

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan inkuiri pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup jika menerapkan Guided Inquiry Model. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Fakta yang digambarkan secara jelas pada penelitian ini, yaitu: penerapan model Guided Inquiry Model pada materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup untuk siswa sekolah dasar. Fakta bersumber dari data primer yang diperoleh secara langsung dari pihak pertama melalui studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu: teknik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa Guided Inquiry Model yang diterapkan pada penelitian ini mempunyai empat langkah kegiatan, yaitu: orientasi, penarikan hipotesis, eksplorasi, dan perumusan generalisasi. Pada artikel ini dijabarkan kegiatan yang dilakukan guru dan siswa pada setiap langkah, disertakan gambar praktikum. Dari penerapan Guided Inquiry Model dibuktikan bahwa terdapat 10 (sepuluh) ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Penerapan Guided Inquiry Model berjalan dengan lancar dan memberikan dampak yang baik bagi siswa. Dampak tersebut terlihat dari penambahan pengetahuan, serta keterampilan proses sains dan sikap ilmiah yang baik karena ikut serta melakukan langkah-langkah inkuiri dengan tertib dan teliti. Dengan demikian, Guided Inquiry Model sangat direkomendasikan untuk diterapkan pada mata pelajaran IPAS atau mata pelajaran berbasis praktik di sekolah dasar.

Keywords


Guided Inquiry Model; IPA; Kelas Kolaboratif; Makhluk Hidup; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar dengan Software R. Jurnal BUDIMAS, 3(2), 327–334. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.2412

Azwar, S. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evanirosa, Bagenda, C., Hasnawati, Annova, F., Azizah, K., Nursaeni, Maisarah, Asdiana, Ali, R., Shobri, M., & Adnan, M. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) (Z. Na’im (ed.)). Bandung: Media Sains Indonesia.

Ferdian, Limanan, D., Ferdinal, F., & Yulianti, E. (2020). Pengaruh hipoksia sistemik kronik terhadap aktivitas spesifik enzim katalase pada darah dan paru tikus Sprague dawley setelah diberi daun ara. Tarumanegara Medical Journal, 2(2), 259–266. https://doi.org/10.24912/tmj.v3i1.9726

Franks, P. J., Leitch, I. J., Ruszala, E. M., Hetherington, A. M., & Beerling, D. J. (2012). Physiological framework for adaptation of stomata to CO2 from glacial to future concentrations. Philos Trans R Soc Lond B Biol Sci., 537–546. https://doi.org/10.1098/rstb.2011.0270

Maisarah. (2018). Matematika dan Sains Anak Usia Dini. Medan: Akasha Sakti.

Maisarah, Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Tadris Bahasa Indonesia), 2(1), 65–75. https://doi.org/10.30829/eunoia.v2i1.1348

Marantika, M., Hiariej, A., & Sahertian, D. E. (2021). Kerapatan dan Distribusi Stomata Daun Spesies Mangrove di Desa Negeri Lama Kota Ambon. Jurnal Ilmu Alam dan Lingkungan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.20956/jal.v12i1.11041

Margiastuti, S. N., Parmin, P., & Pamelasari, S. D. (2015). Penerapan Model Guided Inquiry Terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema Ekosistem. Unnes Science Education Journal, 4(3). https://doi.org/10.15294/USEJ.V4I3.8859

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 18(2), 54–65. https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Beverly Hill: Sage Publications Inc.

Muthmainnah, Munandar, H., Aminah, Fahmi, A., Maisura, Mutia, I., Yunita, I., HS, D. W. S., Haslia, H., Daulay, R. A., Hanum, A., Sari, N. P., Sitanggang, R. P., & Rahmi, P. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurhayati. (2022). Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 011 Sungai Salak. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 908–914. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8965

Prakoso, V. A., & Chang, Y. J. (2018). Pengaruh Hipoksia terhadap Konsumsi Oksigen Pada Benih Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). Oseanologi dan Limnologi di Indonesia, 3(2), 165–171. https://doi.org/10.14203/oldi.2018.v3i2.169

Puspitasari, R. D., Mustaji, & Rusmawati, R. D. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh terhadap Pemahaman dan Penemuan Konsep dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17536

Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 56–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35

Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196

Ryando. (2021). Pengaruh Debt Ratio terhadap Likuiditas. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(2), 136–144. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i2.695

Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954–960. https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1250

Suardana, I. N., Selamet, K., Sudiatmika, A. A. I. A. R., Sarini, P., & Devi, N. L. P. L. (2019). Guided inquiry learning model effectiveness in improving students’ creative thinking skills in science learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012215

Tekad, R. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2), 134–141. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445

Ulfayantik, S., Jatmiko, B., & Supardi, Z. A. I. (2022). Development of Online Learning Media using Guided Inquiry to Improve Science Process Skills of Elementary School Students Assisted by Microsoft Office 365. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(2), 142–151. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n2.p142-151

Wagino. (2023). Cupang (ikan). Wikipedia Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Cupang_(ikan)#:~:text=Cupang%2C ikan laga%2C atau ikan,Singapura%2C Vietnam%2C dan Indonesia.

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 119–138. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138

Wulandari, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tembimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi, 5(2), 267–278. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.259

Yustitia, V., & Kusmaharti, D. (2020). Pengaruh Team Based Project Learning terhadap Numerasi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 39–47. https://doi.org/10.36526/tr.v6i1.1942

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskriptif dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/1255


Article Metrics

Abstract view : 617 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maisarah Maisarah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks