Penerapan Guided Inquiry Model Pada Materi Ciri-Ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup untuk Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.45665
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anuraga, G., Indrasetianingsih, A., & Athoillah, M. (2021). Pelatihan Pengujian Hipotesis Statistika Dasar dengan Software R. Jurnal BUDIMAS, 3(2), 327–334. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.2412
Azwar, S. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Evanirosa, Bagenda, C., Hasnawati, Annova, F., Azizah, K., Nursaeni, Maisarah, Asdiana, Ali, R., Shobri, M., & Adnan, M. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) (Z. Na’im (ed.)). Bandung: Media Sains Indonesia.
Ferdian, Limanan, D., Ferdinal, F., & Yulianti, E. (2020). Pengaruh hipoksia sistemik kronik terhadap aktivitas spesifik enzim katalase pada darah dan paru tikus Sprague dawley setelah diberi daun ara. Tarumanegara Medical Journal, 2(2), 259–266. https://doi.org/10.24912/tmj.v3i1.9726
Franks, P. J., Leitch, I. J., Ruszala, E. M., Hetherington, A. M., & Beerling, D. J. (2012). Physiological framework for adaptation of stomata to CO2 from glacial to future concentrations. Philos Trans R Soc Lond B Biol Sci., 537–546. https://doi.org/10.1098/rstb.2011.0270
Maisarah. (2018). Matematika dan Sains Anak Usia Dini. Medan: Akasha Sakti.
Maisarah, Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Tadris Bahasa Indonesia), 2(1), 65–75. https://doi.org/10.30829/eunoia.v2i1.1348
Marantika, M., Hiariej, A., & Sahertian, D. E. (2021). Kerapatan dan Distribusi Stomata Daun Spesies Mangrove di Desa Negeri Lama Kota Ambon. Jurnal Ilmu Alam dan Lingkungan, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.20956/jal.v12i1.11041
Margiastuti, S. N., Parmin, P., & Pamelasari, S. D. (2015). Penerapan Model Guided Inquiry Terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Tema Ekosistem. Unnes Science Education Journal, 4(3). https://doi.org/10.15294/USEJ.V4I3.8859
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 18(2), 54–65. https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Beverly Hill: Sage Publications Inc.
Muthmainnah, Munandar, H., Aminah, Fahmi, A., Maisura, Mutia, I., Yunita, I., HS, D. W. S., Haslia, H., Daulay, R. A., Hanum, A., Sari, N. P., Sitanggang, R. P., & Rahmi, P. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Media Sains Indonesia.
Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurhayati. (2022). Penerapan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI SDN 011 Sungai Salak. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 908–914. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8965
Prakoso, V. A., & Chang, Y. J. (2018). Pengaruh Hipoksia terhadap Konsumsi Oksigen Pada Benih Ikan Nila (Oreochromis Niloticus). Oseanologi dan Limnologi di Indonesia, 3(2), 165–171. https://doi.org/10.14203/oldi.2018.v3i2.169
Puspitasari, R. D., Mustaji, & Rusmawati, R. D. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh terhadap Pemahaman dan Penemuan Konsep dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17536
Ramadhan, F. A. (2021). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran IPA di Pendidikan Sekolah Dasar. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 56–66. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.35
Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196
Ryando. (2021). Pengaruh Debt Ratio terhadap Likuiditas. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(2), 136–144. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i2.695
Sari, W. N., & Faizin, A. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 954–960. https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1250
Suardana, I. N., Selamet, K., Sudiatmika, A. A. I. A. R., Sarini, P., & Devi, N. L. P. L. (2019). Guided inquiry learning model effectiveness in improving students’ creative thinking skills in science learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012215
Tekad, R. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(2), 134–141. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445
Ulfayantik, S., Jatmiko, B., & Supardi, Z. A. I. (2022). Development of Online Learning Media using Guided Inquiry to Improve Science Process Skills of Elementary School Students Assisted by Microsoft Office 365. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 11(2), 142–151. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n2.p142-151
Wagino. (2023). Cupang (ikan). Wikipedia Ensiklopedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Cupang_(ikan)#:~:text=Cupang%2C ikan laga%2C atau ikan,Singapura%2C Vietnam%2C dan Indonesia.
Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 119–138. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138
Wulandari, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tembimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi, 5(2), 267–278. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.259
Yustitia, V., & Kusmaharti, D. (2020). Pengaruh Team Based Project Learning terhadap Numerasi Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 39–47. https://doi.org/10.36526/tr.v6i1.1942
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskriptif dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/1255
Article Metrics
Abstract view : 133 times | PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Maisarah Maisarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Program Studi PGSD UPP Parepare
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan
Email : juarajurnal@gmail.com
Terindeks