Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ten-tang Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab Sebagai Warga Masyarakat dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas V UPTD SD Ngeri 23 Barru

Abdul hakim(1*), Muslimin Muslimin(2), Nur Amaliah. A(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.44166

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas V UPTD SD Negeri 23 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode mind mapping tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas V UPTD SD Negeri 23  Barru dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas V UPTD SD Negeri 23  Barru pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Prosedur pelaksanaan tindakan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa bahwa meluli penerapan metode mind maping dapat meningkatka hasil belajar siswa.

Kata Kunci: metode mind mapping; hak; kewajiban; dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Fakhriyah, Nurul, Muslimin, and Abd Halik. 2021. “Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang.” Jurnal Publikasi Pendidikan XX: 1–5.

Hakim, Abdul, Ila Israwaty, and Dewi Harmonda Rustam. 2021. “Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Tema 2 Tentang Kewajiban , Hak Dan Tanggung Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang.” Publikasi Pendidikan 10: 1–6.

Jannah, Nidaul. 2021. Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5 Semester 1. pertama. ed. Bmedia Tim. Jakarta: Bmedia.

Kaharuddin, Andi, and Nining Hajeniati. 2020. Pembelajaran Inovatif & Variatif Pedoman Untuk Penelitian PTK Dan Eksperimen. pertama. Gowa,Sulawesi selatan: Pustaka Almaida.

Latifah, Ana Zulfia et al. 2020. “Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jurnal Pendidikan 21(1): 38–50.

Lubis, Maulana Arafat. 2020. Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKN) Di SD/MI: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Jakarta: Kencana. Kencana.

Maryam. Zainal, Zaid. Armila, . 2019. “Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(2): 1–12.

Mudikawaty, Meity, Meisawati, Nurdina, and Ari. 2018. Super Complete 4,5,6 SD/MI. kedua. ed. Asep Sarip Hidayat. Cilodong,Depok: Magenta Media.

Muslimin, Muhammad Irfan, Erma Suryani Sahabuddin. 2015. “Meningkatkan Kreatifitas Siswa Memahami Konsep Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI vol.18(2): 92–98.

Prihantini. 2021. Strategi Pembelajaran SD. ed. Bunga sari Fatmawai. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, Arief Aulia. 2018. Buku Strategi Belajar Mengajar Matematika. Banda Aceh: Katalog Dalam Penerbitan (KDT).

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Setyarini, Devi. 2019. “Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6(1): 30.

Simatupang, halim. 2019. Strategi Belajar Abad Ke- 21. pertama. ed. khoen eka Anthy. Surabaya: Pustaka media Guru.

Starauss, Anselm dan Corbin, Juliet. 2017. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. kelima. ed. Haitamy. Celeban timur,Yogyakarta: pustaka Pelajar.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2019. “Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Ips.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 4(1): 13.

Sutrisno. 2021. Ahlimedia Press Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Tik Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran.

Syafitri, Rodhiyah. 2017. “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions and Getting Answers Pada Siswa.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 1(2): 57–63.

Umi, Chritiana. 2020. Arif Cerdas Untuk Sekolah Dasar Kelas 4. pertama. Jakarta: gramedia Widiasarana Indonesia.

Windura, Susanto. 2013. 1st Mind Map. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Windura. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah Cara Paling Mudah & Benar Mengerjakan Dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map Untuk Meraih Prestasi. kelima. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Wirada, Yendri et al. 2020. Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa.

Yusuf, M T, and Mutmainnah Amin. 2016. “Pengaruh Mind Map Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Tadris, Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 1(1): 85–92.


Article Metrics

Abstract view : 642 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Amaliah. A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks