Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas V UPT SDN 14 Model Parepare

Muhammad Asrul Sultan(1*), Shasliani Shasliani(2), Nurhikma Sudirman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.43735

Abstract


Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi belum mencapai nilai SKBM. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menegetahui penerapan media pop-up Book dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi di kelas V UPTD SDN 14 Model Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan, kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasilsservasi aktivitas guru dengan kategori cukup (C) dan observasi aktivitas siswa dengan kategori kurang (K). Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru dengan kategori baik (B) dan observasi aktivitas siswa meningkat dengan kategori baik (B). Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar pada siklus I hanya 7 siswa yang tuntas dengan kategori kurang (K). Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 19 siswa yang tuntas dengan kategori baik (B). Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan media pop-up book dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di kelas V UPTD SDN 14 Model Parepare.

 

Kata kunci: Media Pop-up Book, Proses Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Batubara, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Dzuanda, B. (2009). Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up, tokoh-tokoh Wayang seri “Gatotkaca” (Tugas Akhir). Surabaya: ITSN Surabaya.

Fitri, N. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosa Kata melalui Penggunaan Media Pop-Up pada Siswa Tunarungu kelas 1. SLB Damayanti, Sleman.

Halisah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Guna Menunjang Penguasaan Konsep Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi Di Tingkat SMA/MA. Vol. 04. No. 03, h.34.

Hermawan, A. Yusran, H. L. (2017). Penelitian bisnis : pendekatan kuantitatif / penulis. Prenadamedia Group.

Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban. 5(1)

Nurrita, T. (2018). Pengambangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syariah Dan Tarbiyah, 3, 175.

Pagarra, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pebelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SDN Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8 (1).

Pramesti, J. (2015). Pengembangan Media Pop up Book Tema Peristiwa untuk Kelas III SD Pakem 1. Prodi PGSD Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan SD FIP UNY.

Sholeh, M. (2017). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Budaya Lokal Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PGSD FKIP Universitas Jambi.

Sholikhah, A. (2017). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. (6 Januari 2022).

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Nata Karya.

Sultan, M.A., Nurjannah., & Tri P.P. Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinesthetic) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V UPT SD Negeri 96 Pinrang. Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1, 174.

Tampubolon, S. M. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.

Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas VI SDN IV Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan., VI (2 Juni 2016).

Wekke, I. S., & Dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku.

Wulandari. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pop-up Book terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Islam Taman Quraniyah. Prodi PGSD Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dan SD FIP UNY.


Article Metrics

Abstract view : 459 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Asrul Sultan, Shasliani Shasliani, Nurhikma Sudirman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks