Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Letak, Luas, dan Karakteristik Kondisi Geografis Indonesia Melalui Peta Di Kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare

Fajar Fajar(1*), Muslimin Muslimin(2), Muh Aqshal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.41553

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare yang belum mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk mengetahui tingkat proporsi proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan evaluasi tes pada setiap siklusnya.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare pada tahun 2022/2023 yang berjumlah 28 orang siswa terdiri dari 16 orang perempuan dan 12 orang laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif. Penelitian pelaksanaan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a matchdapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang letak, luas, dan karakteristik kondisi geografis Indonesia melalui peta di kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare


Keywords


model pembelajaran kooperatif, make a match, letak, luas, dan karakteristik Indonesia melalui peta

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fajar Fajar Fajar, Muslimin Muslimin Muslimin, Muh Aqshal Aqshal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks