Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Zat Tunggal dan Campuran Kelas V UPTD SDN 65 Parepare

Lukman Lukman(1*), Shasliani Shasliani(2), Nurul Fitrah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universutas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Studi ini menelaah penerapan model Direct Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi zat tunggal dan campuran kelas V UPTD SDN 65 Parepare. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model Direct Instruction dalam meningkatkan proses belajar pada materi zat tunggal dan campuran di kelas V UPTD SDN 65 Parepare dan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar materi zat tunggal dan campuran melalui penerapan model Direct Instruction di kelas V UPTD SDN 65 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat presentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SDN 65 Parepare pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah  teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa materi zat tunggal dan campuran kelas V UPTD SDN 65 Parepare.

Keywords


model pembelajaran Direct Instruction, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita W., 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press

Ananda, Rusydi, Tien Rafida, Syahrum, 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Citapustaka Media

Damayanti, I., & Mintohari. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JPGSD, 2.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2012. Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Dinas Pendidikan Nasional.

Djabba, Rasmi, Abdul Halik. 2019. Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. 9 (1)

Djamarah, S.B., Zain, A., 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Elmawati, Priskilah, and Yonathan S Pasinggi. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru,” n.d., 10.

Fardhilah, N. (2019). Memahami Unsur, Senyawa Dan Campuran. Jawa Tengah: Alprin.

Halik & Hakim. (2020). Pengaruh Pengguaan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Parepare. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(1), 27–34.

Permana, Nana Surya. 2017. Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Vol. 11 (1): 8.

Sitompul, Dian Novianti dan Isra Hayati, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI, Vol. 2 (3): 243–53. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.4023.

Ramdhan, Muhammad, 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shasliani, 2021. Implementasi Penerapan Metode Kerja Kelompok dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Kampus IKIP Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol. 5, no. 2: 369. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20898.

Sidik NH., Moch Ilham, dan Hendri Winata, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1 (1): 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3262.

Sidiq, Umar, Moh Miftachul Choiri, 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lukman Lukman, Shasliani Shasliani, Nurul Fitrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks