Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Muatan Ipa Tentang Siklus Air Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SDN 75 Parepare

Kamaruddin Hasan(1), abdul halik(2), Muhammad Adry Andarsumar(3*),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38757

Abstract


Abstrak: Starndar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM). Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  muatan ipa tentang siklus air pada siswa Kelas V UPTD SD Negeri 75 parepare dan apakah penerapan model pembelajaran problem based learning muatan ipa tentang siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V UPTD SD Negeri 75 parepare. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran problem based learning muatan ipa tentang siklus air pada siswa Kelas V dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar muatan ipa tentang siklus air dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas dan siswa yang berjumlah 16 siswa dan 1 guru. Penelitian dilaksanakan 2 siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi Cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi kurang (K). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem based learning muatan ipa tentang siklus air dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 75 parepare.

 

Kata kunci: Model pembelajaran tipe problem based learning, siklus air.


Full Text:

PDF

References


Aryanti. (2020). Inovasi Pembelajaran Matematika di SD.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hasan, K. (2014). Membangun Kultur Sekolah (Menuju Pendidikan Berbasis Iman dan Taqwa). CV. Bina Karya Utama

Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutagaol, R. R. 2015. Konservasi Tanah dan Air. Yogyakarta: Deepublish.

Juanda, Anda. 2016. Penelitiann Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.

Maryam, S. M., Zainal, Z., & Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2(1)

Musfirah, Mukhlisa. N., Nur, F. (2021). Penerapan Model Take And Give Pada Pembelajaran Tema 2 Tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT Sd Negeri 109 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan. XX (XX, XXX p-ISSN).

Nuraini, F. 2017. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal mitra pendidikan, Vol. 1(4)

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citrapusaka Media.

Sani, R. A., et.al., (2018). Penelitian Pendikan. Tangerang. Tira Smart.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik. 7(1)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 591 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kamaruddin Hasan, abdul halik, Muhammad Adry Andarsumar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks