Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SD Negeri 39 Pinrang

Natriani Syam(1*), Abdul Halik(2), Sri Rahayu Kurani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38579

Abstract


Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar keterampilanberbicara siswa kelas V UPT SD Negeri 39 Pinrang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilakukan dalam dua siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif. Subjek penelitian ini yakni 21 siswa kelas V yang terdiri dari 9 perempuan dan 12 laki-laki.Data diperoleh melalui teknik obeservasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis datadilakukan melalui empat tahap yaitu pegumpulan data, kodensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi aktivitas siswa pada proses pembelajaransiswa siklus I berada pada kualifikasi cukup (C) dengan taraf keberhasilan 74% mengalami peningkatanpada siklus II berada pada kulifikasi baik (B) dengan taraf keberhasilan 90%. Sedangkan hasil keterampilan berbicara pada siklus I hanya mencapai 62% dengan nilai rata-rata 73 dan pada siklus II mengalamipeningkatan yakni 80% dengan nilai rata-rata 80. Sehigga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkanmodel pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelasV UPT SD Negeri 39 Pinrang.Kata kunci:Hasil belajar; talking stick; keterampilan berbicara.Abstract: The problem in this study was motivated by the low learning outcomes of students' speakingskills in class V UPT SD Negeri 39 Pinrang. This research is classroom action research (CAR) which wasconducted in two cycles. The approach used in this study is a qualitative approach. The subjects of thisstudy were 21 fifth grade students consisting of 9 girls and 12 boys. Data obtained through observation,performance and documentation techniques. Furthermore, the data analysis technique was carried outthrough four stages, namely data collection, data coding, data presentation, and drawing conclusions. Theresearch data shows that the qualifications of student activities in the first cycle of the student learningprocess are in sufficient qualification (C) with a success rate of 74%, an increase in the second cycle is ingood qualification (B) with a success rate of 90%. While the results of speaking skills in the first cycleonly reached 62% with an average value of 73 and in the second cycle there was an increase of 80% withan average value of 80. So it can be concluded that by applying the talking stick type cooperative learningmodel can improve students' speaking skills class V UPT SD Negeri 39 Pinrang.Keyword;Learning Outcomes, Talking Stick, Speaking Skills.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA Press.

Arikunto, S. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Djabba, R., Nurul M. & Dian P. U. 2021. Penerapan Model Learning Cycle Pada Pembelajaran Tems 3 Tentang Sistem Pencernaan Pada Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Banga-banga Kabupaten Barru. Jurnal Publikasi Pendidikan. P- ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721: 5.

Faradita, M. N. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Vol. 2 (1): 47-58.

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2), 125–131.

Hasan, D. M., Harahap, D. T. K., Inanna, D., Hasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, D. A. A., Susanti, Hasyim, D. S. H., Nuraisyiah, Fuadi, A., Suranto, M., & Setyawan, C. E. (2021). Landasan Pendidikan.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.

Huda, M. (2013). Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Nawawi., Qura, U., & Rahmayanti, I. 2017. Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Uhamka Press.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI Universitas Negeri Yogyakarta, 11(1), 91–116.

Reski Indah Sari. (2017). hubungan penerapan metode talking stick dengan pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik di kelas V SDIT Wahdah islamiyah 01 kota Makassar.

Suhardiana, I. P. A. 2018. Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan. Vol. 3 (1): 41-54

Winarti, E. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas V Mi Al-Hidayah Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Rahayu Kurani, Natriani Syam, Abdul Halik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks