Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V UPT SD Negeri 39 Pinrang
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad. 2013. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA Press.
Arikunto, S. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Djabba, R., Nurul M. & Dian P. U. 2021. Penerapan Model Learning Cycle Pada Pembelajaran Tems 3 Tentang Sistem Pencernaan Pada Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Banga-banga Kabupaten Barru. Jurnal Publikasi Pendidikan. P- ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721: 5.
Faradita, M. N. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Vol. 2 (1): 47-58.
Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2), 125–131.
Hasan, D. M., Harahap, D. T. K., Inanna, D., Hasanah, U., Rif’ati, B., Musyaffa, D. A. A., Susanti, Hasyim, D. S. H., Nuraisyiah, Fuadi, A., Suranto, M., & Setyawan, C. E. (2021). Landasan Pendidikan.
Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120.
Huda, M. (2013). Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Nawawi., Qura, U., & Rahmayanti, I. 2017. Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Uhamka Press.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. DIKSI Universitas Negeri Yogyakarta, 11(1), 91–116.
Reski Indah Sari. (2017). hubungan penerapan metode talking stick dengan pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik di kelas V SDIT Wahdah islamiyah 01 kota Makassar.
Suhardiana, I. P. A. 2018. Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan. Vol. 3 (1): 41-54
Winarti, E. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Kelas V Mi Al-Hidayah Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Article Metrics
Abstract view : 29 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sri Rahayu Kurani, Natriani Syam, Abdul Halik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Program Studi PGSD UPP Parepare
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan
Email : juarajurnal@gmail.com
Terindeks