Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 18 Parepare

Rasmi Djabba(1*), Shasliani Shasliani(2), Resky Maulidya Muksin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38504

Abstract


Abstrak: Studi ini menelaah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas V UPTD SD Negeri 18 Parepare. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achivement division (STAD) dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPA pada materi perubahan lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 18 Parepare pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 orang siswa terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru yaitu 66,66% dengan kategori cukup, dan observasi aktivitas siswa 71,42% dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas guru menjadi 86,66% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa 78,63% dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, pada siklus I hanya 57,14% siswa yang tuntas dengan rata-rata 60,71. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,95%% siswa yang tuntas dengan rata-rata 78,55. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang di kelas V UPTD SD Negeri 77Parepare.

 

Kata kunci: Model Kooperatif; Student Team Achievement Division (STAD); Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadiyanto. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIII SMP. Jurnal Kependidikan Kewarga-negaraan.

Arikunto & Suharsimi. 2016. Diklat Metede-ologi Penelitian. Sekolah Tinggi Aga-ma Islam.

Hayati, S. Belajar dan Pembelajaran Ber-basis Cooperative Learning. (Graha Cendekia, 2017).

Ida Rohmati “Penerapan Model Kooperatif Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2013/2014”.

Nofiyanti“Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ma-tematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gumukmas Pringsewu Tahun Pelaja-ran 2011/2012”

Setyawati, E. Upaya Peningkatan Hasil Beajar Ipa Melalui Model Pembelaja-ran Discovery Leaening Pada Peserta Didik. Kajian Teori dan Praktis Kependidikan, (2018)

Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Pro-gresif, dan Kontektual Konsep, Lan-dasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulm Tematik Integratif/KTI). (Kencana, 2017).

Wina, S. Penelitian Pendidikan; Jenis. Metode dan Prosedur. (Prenada Media Group, 2013).

Yudhistira, D. Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK; Asli Perlu Ilmiah Konsisten. (Grasindo, 2013).


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Resky Maulidya Muksin, Rasmi Djabba, Shasli ani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks