PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 1 TANRUTEDONG KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Yulia Yulia(1*), Ritha Tuken(2), Sri Ayu Astuti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38362

Abstract


[img] Download (4Mb) Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Beach Ball dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang kegiatan ekonomi di kelas V UPT SD Negeri 1 Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rappang . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendekatan dan jenis penelitian alaha penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan semua siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rappang yang mengumpulkan 27 siswa terdiri dari 16 laki dan 11 perempuan. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi dengan menerapkan metode pembelajaran Beach Ball.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C), sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Pada siklus I hanya 18 siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 24 siswa yang tuntas. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Beach Ball dapat meningkatkan proses dan hasil belajar materi kegiatan ekonomi kelas V UPT SD Negeri 1 Tanrutedong Kabupaten Sidenreng Rapppang.

Full Text:

PDF

References


Afandi Muhamad. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. UNISSULA Press.

Amelia, W. (2019). Prkatek Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Mentari Jaya.

At-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana.

Israwaty, I., Hasan, K., & Rijal, M. (2021) Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, amd Mathematics) :Pembangkit Listrik Sederhana Untuk Mening-katkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 193 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua. 3M Me-dia Karya.

Sutoyo. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. UNISRI Press.

Tahmi, & Saleh, N. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Beach Ball (Bola Pantai) dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Ssiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2.

Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pembelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas VI SDN IV Kota Parepare. Jurna Publikasi Pendidikan, 6.

Yulia., Shasliani., & Isnawati (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi (Somatic, Auditory, Visual dan Intelectualy) untuk Meningkatkan hasil belajar IPS pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Jurnal Pub-likasi Pendidikan.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks