Penerapan Metode Pembelajaran Luar Kelas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Zat Tunggal dan Campuran Siswa Kelas V UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang

Natriani Syam(1), Fajar Fajar(2), Wahyuni Zain(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38325

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil belajar siswa tentang zat tunggal dan campuran dengan menerapkan metode pembelajaran luar kelas (outdoor learning method). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang di olah secara kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran luar kelas (outdoor learning method) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang zat tunggal dan campuran di kelas V UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidenreng Rappang.
Kata kunci: Hasil belajar; metode pembelajaran luar kelas; zat tunggal dan campuran


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode pembelajaran di sekolah. In UNISSULA PRESS. UNISSULA PRESS.

Annisa, N., Hasan, H. K., & Shasliani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 221–238.

Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Ejournal.Undiksha.Ac.Id, 15(1), 1858–0629.

Asiah, S., & Mintohari. (2017). Penerapan Metode Out Door Activity Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, 2(3), 1–11.

Djabba, R. (2017). Implementasi Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 7(2), 68.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak.

Harahap, D. N. (2020). PENELITIAN KUALITATIF. In D. H. Sazali (Ed.), Wal ashri Publishing.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. In Magelang: Graha Cendekia.

Idrus, I., & Irawati, S. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2).

Maryam, S. M., Zainal, Z., & Armila. (2019). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 95 Kecamatan Suppa. 2(1), 2.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11, 9.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Pendidikan, Mentri, Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2014).

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu.

Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (M. Arif (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Taqwan, B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18.

Wardani, Y. R., Mundilarto, M., Jumadi, J., Wilujeng, I., Kuswanto, H., & Astuti, D. P. (2019). The Influence of Practicum-Based Outdoor Inquiry Model on Science Process Skills in Learning Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(1), 23–33.

Wulansari, D. (2017). Penggunakan metode belajar di luar kelas (outdoor study) untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di kelas B2 di raudhatul athfal az zahra natar lampung selatan. Universitas Islam Negri Raden Intan.


Article Metrics

Abstract view : 217 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks