Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Air Kelas V UPTD SPF SD Negeri 51 Tonronge Kabupaten Soppeng

Natriani Syam(1), Hasnah Hasnah(2), Nur Syahreni(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38322

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri 51 Tonronge, Kabupaten Soppeng dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stay terhadap hasil belajar siswa tentang siklus air kelas V SD UPTD SPF SD Negeri 51 Tonronge Kabupaten Soppeng. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Pre-Experimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling jenis purposive sampling dengan jumlah sampel 13 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil tes pretest dengan nilai rata-rata 44,24 dan posttest dengan nilai rata-rata 78,84. Hasil analisis dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,005) sehingga  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tentang siklus air kelas V UPTD SPF SD Negeri 51 Tonronge, Kabupaten Soppeng.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Bagus, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Universitas Tanjungpura.

Fitrianingrum, W. S., & Zuhdi, U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(06), 945–954.

Hasnah, Fajar, & Restu. (2022). Penerapan Model CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV UPT SDN 81 Pinrang. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 159–164.

Kumape, S. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tentang IPA di Kelas VI SD Inpres Palupi. jurnal Kreatif Todulako Online, 4(4), 351–362.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Inب: Vol. ق (Nomor ثق ثقثقثق). Deepublish.

Salwa, Nurjannah, & Djabba, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Enrekang. pinisi journal of education.

Selvianti, Ali, M. S., & Helmi. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas xiia sman 1 lilirilau 1). Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 2015(1), 22–33.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 - Aris Shoimin - Baca Ebook.

Syam, N., Nurjannah, N., & Maryam, M., S. (2017). Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Publikasi Pendidikan, 7(1), 31.

Syamsiah, S., & Gunansyah, G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv A Sdn Simomulyo 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks