ANALISIS PERANAN GURU DALAM PEMBERIAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 11 LANCIRANG KABUPATEN SIDRAP

Muslimin Muslimin(1*), Nurul Mukhlisa(2), Rita Purnamasari(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38317

Abstract


Keberhasilan suatu pembelajaran tidak lepas dari seorang guru karena guru mempunyai peranan yang sangat penting. Walaupun peranannya sangat menentukan, namun harus disadari bahwasahnya guru bukan satu-satunya penentu keberhasilan atau kegagalan pembelajaran. Sebab salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran adalah adanya motivasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam pemberian motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDN 11 Lancirang Kabupaten Sidrap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan triangulasi metode sebagai pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam pemberian motivasi belajar siswa yaitu (1) Membangkitkan minat siswa dengan cara memberikan motivasi, penguatan dan apresiasi kepada siswa. (2) Menciptakan suasana yang menyenangkan akan membuat membuat proses pembelajaran berlangsung dengan baik. (3) Memberikan penghargaan berupa pujian akan membuat siswa menjadi termotivasi dalam belajar. (4) Memberikan nilai akan membuat siswa menjadi lebih giat belajar agar memperoleh nilai yang bagus. (5) Memberikan hadiah menjadi salah satu bentuk usaha untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. (6) Memberikan hukuman akan membuat siswa menjadi termotivasi untuk berperilaku yang baik dan tidak melakukan pelanggaran lagi.

Full Text:

PDF

References


Abidin, muhammad, Z., & Sarmini. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 1(1), 12–22.

Amalia, G., & Maknun, L. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 21–36.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). “Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19” Penerbit 3M Media Karya 2020.

Makmur. (2017). Peran guru sosiologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 35–39.

Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222.

Pratiwi, G., Waluyati, S. A., & Kurnisar. (2019). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran PPkn di SMP negeri 13 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 6(1), 172–184.

Ratnawati, & Miratul, H. (2021). Peran guru dalam meninkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi Covid-19. Jurnaal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 60–69.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sari, W. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 1.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Yani, A. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. In Ahlimedia Book.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.


Article Metrics

Abstract view : 787 times | PDF view : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks