Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Gaya dan Gerak Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidrap

Fajar Fajar(1), Nurjannah Nurjannah(2), Mutmainnah Mutmainnah(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38288

Abstract


Penelitian ini menelaah tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar tentang gaya dan gerak pada siswa kelas IV UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dengan 2 siklus yang diawali dengan kegiatan pra tindakan. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan tingkat presentase proses dan hasil belajar , peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi di setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidrap Tahun 2021/2022 yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 17 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan data. Berdasarakan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II diperoleh hasil penelitian  pada siklus I berada pada kategori cukup (C) , dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik (B) serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and picture dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang gaya dan gerak di kelas IV UPT SD Negeri 6 Arawa Kabupaten Sidrap.

 


Full Text:

PDF

References


Ananda, R., Rafida, T., & Syahrum, S. (2015). Penelitian tindakan kelas.

Arikunto, S. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Djamrah, S,B, & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Renika Cipta.

Endrayani, F., Amaluddin, L. O., Mursalam, L. O., Musyawarah, R., & Nyompa, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Geografi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture. UNM Geographic Journal, 3(1), 79.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

H. Salim, D. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.pdf. In Penelitian Tindakan Kelas.

Hisbullah, S. P., & Selvi, N. (2018). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah da-sar. Penerbit Aksara TIMUR.

Huda. 2014. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran. Pustaka pembelajaran: Yogyakarta.

Irene, & Khristiyono. (2016). ESPS: IPA kelas 4 SD. Jakarta: Erlangga.

Iskandar, R., & Kusmayanti, I. (2018). Pendekatan science technology society: IPA di sekolah da-sar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(02).

Luthfiah, Djabba. R & Mukhlisa. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Jurnal pendidikan, vol 1(2), 168- 185.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1).

Susanti, P. A., & Kusmariyani, N. N. (2017). Penerapan model picture and picture berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 99-106.

Tim Penyusun. (2019). Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri.

Zulaikha, S., Pasinggi, Yonathan. S., & Nurjannah. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan; Vol1 (1): 20-21.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks