Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare

Yonathan Saba Pasinggi(1), Abdul Hakim(2), Tri Vitria(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.38286

Abstract


Abstrak: Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare yang berjumlah 18 Siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang di olah secara kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I dan II, diperoleh hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C), dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) dan siklus II menunjukkan bahwa proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B), dan hasil tes belajar siswa berada pada kualifikasi baik (B). simpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang statistika siswa kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Yullys, H., & Yeti, A. (2020). Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele - Google Books.

Arum, I. A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Contextual Teaching and Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 49–58.

Hasnah, Fajar, & Restu. (2022). Penerapan Model CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV UPT SDN 81 Pinrang. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 159–164.

Holisin, I. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 3(3), 1–68.

Kelas IV SD. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 219–238.

Maryam, M. S. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Simetri Putar dan Lipat Bangun Datar Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas V S Negeri 83 Parepare. Publikasi Pendidikan, II(3), 199–208.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) - Afi Parnawi - Google Buku.

Pasinggi, Y. S., Tuken, R., & Jabba, R. (2021). PKM Pendekatan Matematika Reali Stik di Sekolah Dasar pada Guru-Guru UPTD SDN 46 Parepare. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 515–519.

Rahayu R, A. A., Amalia, A., Handayani, S. N., & Rostikawati, Y. (2018). Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2),

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.

Turdjai. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik, 15(2), 17–29.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Yusmaniar, Y. (2017). Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Operasi Hitung. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 51–58.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Pt Fajar Interpratama Mandiri.

Zainal, Z. (2017). Pendekatan Matematika Realistik ( PMR ) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare.


Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks