Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up Book Terhadap Hasil belajar Siswa tentang Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Wujud benda di SD Negeri 171 Lompo Baru Kabupaten Soppeng

Lukman lukman(1*), Muslimin Muslimin(2), hesti masse(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37901

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  gambaran hasil belajar siswa dan Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media Pop-up book terhadap  hasil belajar siswa pada materi pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda SD Negeri 171 Lompo Baru Kabupaten Soppeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental designs bentuk one-group retest-posttest. Variabel bebas penelitian ini yaitu media pop-up book (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa (Y). subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 171 Lompo Baru yang berjumlah 21 siswa, teknik probability sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. dengan hasil belajar siswa dimana rata-rata nilai pretest 62,190 kemudian nilai posttest 84,285. Hasil dari pengujian hipotesis dengan  menggunakan bantuan aplikasi SPSS dengan teknik paired sample t-test didapatkan signifikansi 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa tentang materi pengaruh kalor dan perubahan wujud benda kelas V SD Negeri 171 Lompo Baru Kabupaten Soppeng.

 

Kata kunci: Pop-up book; hasil belajar; kalor


Full Text:

PDF

References


Arum, Rizky, Adinda, Sekar &Friendha Yuanta. (2019). Pengaruh Media Pop-up bookTerhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Universitas Wijaya Kusuma. Surabaya.

Hakim, Abdul. Ila Israwati. & Dewi Harmonda Rustam. (2020). Penggunaan Media Video Pembelajaran Pada Tema 2 Tentang Kewajiban, Hak, dan tanggung jawab Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Jurnal Publikasi pendidikan. Vol. XX. No. XXX.

Halik, Abdul. Sayidiman, &, Muhammad Asrul Sultan. (2017). Hubungan gaya Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Kampus V UNM PGSD Parepare pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol VII. No. 2

Hasanah, Uswatun. (2019). Pengaruh Media Pop-up bookTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu. Bengkulu.

lKhadijah, St, Arbish. Kamaruddin Hasan dan Pasingi Y.S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pop-up Book. Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Empat di Kabupaten Pinrang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1 No.2.

Lubis, Sari, Mayang. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Lukman, Hasan Kamaruddin, dan Dewiyanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scrambel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 1 (1).

Ma’Ruf, Muhammad Fajar. Lukman, & Yonathan, S Pasinggi. (2021). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Enam di Kabupaten Wajo. Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 1. No. 2.

Masturah, E, D. Mahadewi, L, P, P, dan Simamora, A, H. (2018). Pengembangan Madia Pop-up bookpada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesa. Vol 6 (2): 214.

Nengsi, Refita. (2019). Pengembangan Media Pop-up bookUntuk Meningkatkan Kemampuan Koginitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Banda Aceh.

Nur, Alfiani, Melinda. WS, Rustono, dan Dindin Abdul Muis Lidinilla,. (2017). Pengembangan Media Pop-up bookPada Pembelajaran IPS Tentang Kerajaan Dan Peninggalan Sejarah Islam Di Indonesia Di Kelas V Sekolah Dasar. Pedadidaktika. Vol 4 (2).

Payadnya. I. P. A. A. dan Jayantika. I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. (2019). Makassar

Saat, Sulaiman dan Mania, Sitti. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Gowa: Pusaka Almaida.

Sari, Yuliana, Eka. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-up bookTerhadap hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bendungan Kecamatan Gondang kabupaten Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dasar.Vol 3 (2).

Siyoto, Sandu dan Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Yunarsi, Devi Astri., Musfirah, dan Maryam. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-up bookTerhadap hasil Belajar Siswa Pada Materi Perpindahan Kalor. Journal Of Education. Vol 1 (1).


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks