PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

abdul hakim(1*), lukman ali(2), dicky darmawan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.37889

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas V UPTD SD Negeri 52 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V SD Negeri 52 Parepare yang berjumlah 17 orang siswa yang memiliki hasil belajar yang belum mencapai hasil SKBM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analsis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

                                                                                                                                                          

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, think pair share, proses belajar dan hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arnidha, Yunni. 2016. “Peningkatan Ke-mampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share.” Jurnal E-Dumath 2(1):128–37.

Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Halik, Abdul, Ila Israwaty, dan Monalisa. 2019. Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) Untuk Meningkat Hasil Belajar Bahasa Indinesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 7(2).

Latifah, Syintia Siti, dan Irena Puji Luritawaty. 2020. “Think Pair Share Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1):35–46.

Lestari, Anita Puji dan Suprayitno. 2013. “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar”. JPGSD Vol.1(2):0-216

Pattaufi, dan Abdul Hakim. 2020. “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 728–33.

Saputra, Nanda, dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Saputra, Nanda, dkk. 2021. Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2 (2012).


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks