PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 1 OTTING KABUPATEN SIDRAP

Nurjannah Nurjannah(1*), Natriani Syam(2), Nurhalizah Nurhalizah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37885

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang zat tunggal dan zat campuran di kelas V UPT SD Negeri 1 Otting Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SD Negeri 1 Otting Kabupaten Sidrap pada tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru dengan kategori cukup, dan observasi aktivitas siswa dengan kategori cukup. Pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil observasi aktivitas  guru dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa meningkat dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, pada siklus I hanya 18 siswa yang tuntas dengan kategori cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 22 siswa yang tuntas dengan kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang zat tunggal dan zat campuran di kelas V UPT SD Negeri 1 Otting.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Timur: PT. Rineka Citra.

Hariana, R. 2015. Implementasi Program Kurikulum 2013 di SMP Negeri 7 Samarinda. Journal Administrasi Negara, 3(5), 1727–1737.

Nurjannah. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Connected Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Murid Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 202–208.

Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sulhan, S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 1.

Syam, N., Nurjannah & Maryam, M., S. 2017. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Publikasi Pendidikan, 7(1), 31–37.

Tuken, R. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas VI SDN IV Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2), 123–128.

Wijanarko, Y. 2017. Model Pembelajaran Make A Match untuk Pembelajaran IPA yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 01(01), 52–59.

Zakiah, I. & Kusmanto, H. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 32–43.


Article Metrics

Abstract view : 336 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks