Penerapan Model Pembelajaran Example Non Examples untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V

Abdul Hakim(1*), Hasnah Hasnah(2), Hendra Hendra(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37872

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Examples. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V UPT SD Negeri 8 Benteng Kabupaten Sidenreng Rappang dengan guru (peneliti) dan siswa kelas V UPT SD Negeri 8 Benteng kabupaten Sidenreng Rappang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 orang sebagai subjeknya. Fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase keberhasilan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar disetiap siklusnya. Hasil penelitian terkait proses belajar menunjukkan pada siklus I hasil observasi aktivitas guru dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa dengan kategori cukup, pada siklus II menunjukkan peningkatakan hasil observasi aktivitas guru menjadi kategori baik dan observasi aktivitas siswa dengan kategori baik. Hasil penelitian terkait dengan hasil belajar, pada siklus I persentase ketuntasan berada pada kategori kurang, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Example Non Examples dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Alexander, F., & Pono, F. R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2), 110–126.

Arrezha, I., Thamrin, A., & Katiman, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Untuk Memperbaiki Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Tkbb Smk Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal Of Civil Engineering Education, 4(1), 47–56.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad (ed.).

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas iv SDN Gedanganak 02. Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154.

Mandolang, E., Katolik, U., & Salle, D. La. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas I SD GMIM Tempang Desa Tempang I Kabupaten Minahasa. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 199–207.

Maryam, S. M. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(2), 112–121.

Parmanita, G. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Fiqh Kelas Iv Min 2 Bandar Lampung. Skripsi UIN . Raden Intan, 1–150. Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(C), 1–6.

Sembel, R. S. (2019). Belajar Dan PembelajaranTujuan Belajar Dan Pembelajaran. August..

Wulan, L. I. C., Wirya, I. ., & Jampel, I. . (2014). Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Papan Planel Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Di TK Pradnya Pramita Kecamatan Tabanan. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1 Tahun 2014), 2 No 1(1).

Yatami, V. (2017). Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Dan Kreativitas Peserta Didik.

Zainal, Z., & Maryam, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN 79 Parepare. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 2.


Article Metrics

Abstract view : 891 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks