Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV di UPTD SD Negeri 46 Parepare

Muslimin Muslimin(1*), Abdul Hakim Abdul Hakim(2), Nisma Nisma(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.37867

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas IV UPTD SD Negeri 46 Parepare. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togther (NHT) untuk pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 46 Parepare dan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IV di UPTD SD Negeri 46 Parepare. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Haed Together (NHT) untuk pemanfaatan sumber daya alam siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 46 Parepare dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi pemanfaatan sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) siswa kelas IV UPTD SD Negeri 46 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 46 Parepare, adapun jumlah siswa yang terdapat di kelas IV yaitu 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B), aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) sebesar dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) aktivitas siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa materi pemanfaatan sumber daya alam kelas IV UPTD SD Negeri 46 Parepare.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif, numbered head together (NHT),   pemanfaatan sumber daya alam, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2012. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Dinas Pendidikan Nasional.

Iqbal. (2020). Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ekonomi Syariah, 1(1), 8–21.

Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 132–143.

Jusrianti, Yulia, & Ilmi, N. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education, 1(1), 1–14.

Machfud, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(01), 19.

Mandira, N., Muslimin, & Djabba, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Education, 1(2), 122–135.

Marhadi, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipenumbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vd Sdn 184 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 73.

Muslimin, M., & Amran, M. (2020). Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 130.

Rahmayanti, H., Hakim, A., & Fajar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Sidraphasra. Journal Of Education, 1(3), 127–137.

Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 135–139.


Article Metrics

Abstract view : 152 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks